Komparasi Spek MG HS vs Wuling Almaz. Siapa Yang Lebih Unggul?

Komparasi Spek MG HS vs Wuling Almaz. Siapa Yang Lebih Unggul?

Kehadiran MG HS semakin meramaikan segmen crossover kelas menengah di Indonesia. Kemunculannya pun menjadikan persaingan antara brand yang memiliki afiliasi sebagai produk berdarah Tiongkok pun semakin ketat. Salah satu lawan yang harus diperhitungkan adalah Wuling Almaz yang sampai saat ini mencatatkan diri sebagai penguasa di segmen ini.

Apakah MG HS mampu bersaing dengan Wuling Almaz di pasar? Mungkin jawabannya masih terlalu prematur, namun setidaknya kita bisa bandingkan spesifikasi antara keduanya. 

 

Dimensi

HG HS punya dimensi dengan ukuran panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm. Sedangkan Almaz memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm dan wheelbase 2.750 mm.

Dengan demikian Almaz lebih panjang 81 mm, lebih tinggi 96 mm, namun HS lebih lebar 41 mm. Sedangkan untuk wheelbase Almaz kembali unggul dengan selisih 30mm.

 

Mesin

MG HS hadir dengan mesin turbo 1.500 cc 4 silinder, 16-valve DOHC Turbo. Mesin ini mampu menghasilkan output tenaga 162 PS dan torsi 250 Nm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 percepatan.

Sementara Wuling Almaz yang lebih dahulu hadir di Indonesia, menyodorkan DOHC DVVT with turbocharger berkapasitas 1.451 cc yang mampu memproduksi tenaga 140 PS dengan torsi puncak 250 Nm. Di atas kertas HS unggul 22 PS dan seri dalam hal torsi

 

Fitur

Berbincang tentang fitur, keduanya dirancang sebagai kendaraan modern yang syarat fitur keamanan yang tergolong cukup lengkap. Sebuah MG HS dilengkapi dengan 6 airbag, Hill Start Assist (HSA), Electronic Differential System (EDS), Hill Dessent Control (HDC), Curve Brake Control, Forward Collision Warning, Anti Rolling Program, Lane Departure Warning, Lane Change Assist, Lane Keep Assist, Blind Spot Detection, hingga Rear Cross Traffic Alert. 

Sebagai bandingan Wuling Almaz menyodorkan 4 airbag, ABS, EBD, Stability Control hingga Hill Start Assist. Kemudian berbicara fitur hiburan, Almaz tetap percaya diri dengan konektivitas Wuling Link yang mereka miliki. Satu ikon di Wuling Almaz adalah sebuah fitur perintah suara "Halo Wuling" yang bisa diperintah dengan berbagai frase bahasa Indonesia.

 

Harga

Wuling Almaz dijajakan mulai harga Rp 267,8  hingga Rp 342,8 juta (OTR Jakarta), sedangkan untuk MG HS sampai saat ini belum diperoleh harga resminya.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com