Perbedaan dan Persamaan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Perbedaan dan Persamaan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Kabar gembira datang dari duo brand besar asal Jepang yaitu Toyota dan Daihatsu, pasalnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang bermain di kelas kompak SUV akhirnya sudah dirilis di Jepang.

Dibangun dengan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), keduanya merupakan mobil kembar seperti halnya Terios-Rush ataupun Sigra-Calya. Oleh sebab itu untuk memberi perbedaan, baik Daihatsu maupun Toyota, sama-sama menghadirkan ciri khas pada lansiran terbarunya.

 

Dimulai dari bagian depan, Toyota Raize mengusung grill yang lebih sporty dan premium dibandingkan Daihatsu Rocky. Toyota Raize hadir dengan gril trapesium besar khas Toyota yang terdiri dari sisipan mesh. Desainnya mengingatkan kita pada Toyota RAV4 atau Toyota Yaris terbaru.

 

 

Jika melihat Rocky, tampak grill lebih simple tanpa hadirnya desain honeycomb seperti Raize. Sementara penggunaan LED DRL pada sisi kanan dan kiri berbentuk vertikal menambah kesan maskulin.

Sementara di bagian belakang, desainnya terlihat lebih mirip dengan kombinasi lampu yang sama. Jika ingin mencari perbedaan lainnya, tentu terletak pada logo di bagian depan, belakang serta setir.

Karena produk hasil kolaborasi, banyak kesamaan yang ditemui pada kedua mobil, seperti halnya penggunaan mesin bensin tiga silinder 1.000 cc turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 98 ps pada 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Kemudian secara keseluruhan dimensi, keduanya tampil dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm dengan wheelbase mencapai 2.525.

 

Namun demikian, untuk fitur terbaru kabarnya Toyota telah menyematkan Raize dengan fitur Smart Assist Plus seperti pre-collision warning, pre-collision brake, auto high beam, mis-pedal operation control, adaptive cruise control, smart panorama parking assist, panorama monitor, side view lamp dan lane keep control.

Jika tertarik dengan salah satu di antaranya, Toyota menjual varian terendah Raize setara Rp 217,7 jutaan, sementara varian terendah Rocky dibanderol Rp 221,1 juta. Sementara untuk tipe tertinggi Raize dijual setara Rp 296 juta, dan Rocky Premium yang merupakan tipe tertinggi dijual setara Rp 316,7 juta.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com