FIRST DRIVE: Esemka Bima 1.3

FIRST DRIVE: Esemka Bima 1.3

Kami berkesempatan untuk menjajal salah satu mobil yang spesial. Bukan karena kemewahan, harga jual yang mahal, namun karena mobil ini merupakan mobil bikinan Indonesia dan juga merek asli Indonesia. Ya, Esemka Bima1.3.

Mungkin OtoDriver menjadi salah satu media otomotif pertama yang menjajal pikap karya anak bangsa ini. Lantas, bagaimana impresinya?

Saat melihat bagian luarnya, kami merasa desain ektsrior mobil ini lain daripada yang lain. Yang cukup istimewa adalah lampu utamanya sudah dilengkapi dengan proyektor, grill yang mengingatkan kita pada kidney grill BMW. Dan lebih menariknya lagi, dimensi mobil ini cukup gambot dan bahkan lebih bongsor ketimbang Daihatsu Gran Max dan juga Suzuki Carry.

Melihat bagian interiornya, mobil ini cukup menyajikan pengalaman yang berbeda. Seperti adanya layar digital di bagian instrument cluster, pengaturan ac yang cukup lengkap hingga ke pengaturan buka tutup ventilasi serta desain dasbor yang cukup atraktif. Namun, sayang sekali, mobil yang kami tes ini tidak dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan serta kami menilai bahan material mobil ini terkesan murah.

Langsung saja kami jalankan Esemka Bima 1.3. Meski ia tidak dilengkapi dengan power steering, namun kami merasa putaran lingkar kemudi mobil ini cukup berat. Bahkan, putaran setirnya lebih berat ketimbang Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max yang merupakan kompetitor langsung Esemka Bima 1.3.

Namun ada beberapa kelebihan mobil in ketika dibawa berjalan. Seperti bantingan suspensi yang cukup lembut serta tenaga mesin yang baik untuk ukuran pikap bermesin 1.300 cc. Hanya saja memang kami tidak mencoba mobil ini dengan muatan penuh.

Kesimpulan

Esemka Bima 1.3 menjadi salah satu mobil kebanggaan bangsa Indonesia. Setelah menjajal mobil ini, kami menemukan beberapa kelebiha, seperti tenaga mesin yang cukup baik, bantingan suspensi yang tergolong lembut, desain eksterior dan interiornya yang atraktif. Tetapi, mobil ini juga menyimpan berbagai kelemahan, seperti putaran setir yang berat dan juga bahan material interior yang terkesan murah.

Kelebihan

  1. Desain atraktif
  2. Tenaga mesin mumpuni
  3. Bantingan suspensi lembut

Kekurangan

1. Bahan material murah

2. Putaran setir berat

Spesifikasi

Esemka Bima 1.3

Harga: Rp 120 juta

Kapasitas mesin: 1.300 cc 4 silinder DOHC

Tenaga maksimum: 84 dk

Torsi maksimum: 105 Nm

Penggerak: Roda belakang

Foto tambahan

Adit

Adit

Adit

Adit

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com