First Drive: All New Nissan Serena C27 Highway Star

First Drive: All New Nissan Serena C27 Highway Star

OtoDriver mendapatkan kesempatan untuk menjajal High Multi Purpose Vehicle dari Nissan, yakni All New Serena C27 Highway Star. PT Nissan Motor Indonesia kali ini mengadakan media drive menggunakan All New Serena Highway Star menjelajahi Kota Jakarta dan Bogor pada, Senin (14/4).

Nissan Motor Indonesia menyiapkan rute dari Jakarta ke Bogor melalui beberapa titik. Dari titik keberangkatan di Karet - Menteng - SCBD - Sentul dan kembali ke Karet. Rute tersebut menggambarkan kemampuan All New Nissan Serena Highway Star sebagai kendaraan High MPV yang ditujukan sebagai kendaraan perkotaan.

Foto : Brian

 

Impresi pertama memasuki kabin, All New Nissan Serena Highway Star terasa visibilitas berkendara yang sangat leluasa. Bahkan, dimensi MPV yang cukup besar tersebut tidak menjadi sebuah masalah. Hal ini dibuktikan ketika All New Nissan Serena Highway Star melintas di Jalan Soedirman Jakarta yang ramai akan kemacetan.

Fitur Intelligent Around View Monitor pada All New Nissan Serena Highway Star pun memberikan kemudahan tersendiri ketika bermanufer di tempat sempit. Ketika hendak berparkir di area yang cukup sempit, fitur ini memberikan kemudahan bagi pengemudi agar bodi mobil tidak terbentur oleh benda lain atau mobil lainnya.

Ergonomi berkendara di bangku kemudi juga sangat memumpuni dalam mengendarai mobil berdimensi besar ini. Hal itu ditunjukkan melalui fitur pengaturan seat pengemudi yang dapat sliding, reclining, serta pengaturan ketinggian. Sayangnya, arm rest yang disematkan pada setiap seat di All New Nissan Serena Highway Star berukuran sangat pendek sehingga tidak mengakomodasi keseluruhan tangan.

Foto : Brian

 

Saat digunakan berjalan All New Nissan Serena Highway Star ini mengakomodasi segala kebutuhan berkendara yang nyaman. Mulai dari tarikan mesin yang cenderung halus dan meningkat secara gradual, serta steering wheel yang cukup responsif.

Saat mengetes kecepatan, All New Nissan Serena mampu menempuh kecepatan tertinggi hingga 138 km/jam di jalan Tol Jagorawi, Jawa Barat. Dalam kecepatan tinggi pun, kabinnya terbilang cukup senyap terutama dari suara mesin dan ban.

Foto : Brian

 

Bagian kaki-kaki mobil ini juga cukup memadai sebagai mobil keluarga, ditandai saat melintasi jalan berlubang yang dapat diatasi dengan sangat mulus oleh suspensinya. Saat melewati jalan yang bergelombang pun suspensi All New Nissan Serena Highway Star mampu meredam goyangan dengan sangat baik.

Namun, semua kemudahan dan kenyamanan tersebut tetap memiliki kelemahan. Seperti mesinnya yang berakselerasi cukup lama dan suara mesin yang sangat meraung ketika menggunakan mode sport. Hal ini tentu dikarenakan mobil High MPV tersebut tidak dirancang untuk adu performa.

Foto : Brian


Kesimpulan

All New Nissan Serena merupakan mobil High MPV yang memiliki banyak kelebihan fitur dibandingkan kompetitornya. Serena hadir dengan eksterior yang jauh lebih segar. Untuk pergerakan dalam kota, Serena mempunyai sejumlah fitur yang sangat memanjakan pengemudinya. Namun, terdapat sejumlah fitur yang tidak sejalur dengan kelangkapan lainnya. Seperti tidak adanya Power Backdoor yang mendukung kemudahan akses bagasi, padahal Serena telah memiliki Intelligent Sliding Door yang memudahkan akses masuk penumpang. Secara mesin, All New Nissan Serena memiliki performa yang sangat halus dan cocok digunakan di perkotaan.

Kelebihan

1. Bertabur fitur menarik di kelasnya

2. Visibilitas sangat mumpuni

3. Ruang kaki penumpang sangat lega

Kekurangan

1. Foglamp dan high beam masih menggunakan bohlam halogen
2. Mesin sedikit meraung dalam mode sport
3. Armrest yang kurang nyaman
 

Spesifikasi

All New Nissan Serena Highway Star

Harga: Rp 465 On The Road

Kapasitas Mesin: 2.000 cc 4 silinder Turbo

Tenaga Maksimum: 150 PS

Torsi Maksimum: 200 Nm

Penggerak: Front Wheel Drive

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com