Zeekr X, Sosok Penghadang SUV EV Kasta Ningrat Eropa

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Jumat, 7 Juni 2024 11:50 WIB
Berita - Zeekr X, Sosok Penghadang SUV EV Kasta Ningrat Eropa
Bagikan ke:
Potensial menghadang BMW iX1

OTODRIVER - Zeekr akan segera meramaikan pasar otomotif Indonesia. Brand yang bernaung di bawah kepak sayap Geely Automobile Group ini akan hadir di semester ke empat 2024 dengan membawa dua model yakni Zeekr 009 dan Zeekr X.

Jika Zeekr 009 akan menyasar sebagai rival dari Toyota Alphard dan Vellfire, sedangkan Zeekr X akan menyasar pada segmen subcompact luxury crossover SUV. Di mana ia akan masuk segmen yang lebih banyak pemainnya dan berhadapan langsung dengan BMW iX1, Volvo XC40 Recharge hingga Mercedes-Benz EQB.

Zeekr X merupakan model yang relatif masih cukup hijau, ia diluncurkan di pasar Tiongkok pada April 2023.

Dari sisi teknologi SUV ini tidak bisa dianggap remeh karena menggunakan basis yang sama dengan Smart #1 dan Volvo EX30, tepatnya Geely Sustainable Experience Architecture (SEA), sebuah platform khusus untuk mobil listrik.

Foto - Zeekr X, Sosok Penghadang SUV EV Kasta Ningrat Eropa
Interior simple dan modern

Motor listrik dan baterainya dibuat oleh VREMT (Viridi E-Mobility Technology) sebuah perusahaan yang juga dimiliki oleh Geely. Sama dengan yang dipakai pada Smart #1 .

Berdasarkan spesifikasi resmi Zeekr, tersedia pilihan motor listrik tunggal berpenggerak roda belakang dan drivetrain all wheel drive dengan dua motor listrik.

Semua trim level dijejali dengan baterai lithium mangane cobalt (NMC) 69kWh dengan suguhan daya jelajah 446 km untuk model single motor dan 425 km untuk dual motor dalam hitungan WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure).

Pada versi penggerak roda belakang motor listriknya mampu menyemai daya 272 hp/343 Nm sedangkan versi dual motor 422 hp/543Nm.

Kinerja ini mampu membuatnya berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,6 detik (RWD) dan 3,8 detik (AWD). Sedangkan untuk konsumsi energinya adalah 16,4 kWh/100km (RWD) dan 18,3 kWH/100km (AWD).

Dari sisi dimensi (Px L x T) adalah 4.432 mm x 2.025 mm x 1.566 mm dengan wheelbase 2.750 mm. Sedangkan untuk hambatan udaranya atau drag coefficient ada di angka 0,28 , alias lumayan.

Versi dua motor listrik punya bobot kosong 1.960 kg dan single motor di 1.855 kg.

Saat ini Premium Auto Prima selaku APM Zeekr di Indonesia tengah mengkaji varian mana yang akan dibawa ke Indonesia. Kita tunggu tanggal mainnya. (SS)

Foto - Zeekr X, Sosok Penghadang SUV EV Kasta Ningrat Eropa
Zeekr X gunakan platform yang sama dengan Smart #1

#geely #zeekr #zeekr-x #suv-subcompact #suv-ev

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.