Toyota New Fortuner Dibekali Kaliper Merah. Punya Hubungan Erat Dengan Sejarah Otomotif 32 Tahun Silam

Warna merah melambangkan kekuatan selain memberikan estetika tersendiri
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 7 September 2024 17:07 WIB
Berita - Toyota New Fortuner Dibekali Kaliper Merah. Punya Hubungan Erat Dengan Sejarah Otomotif 32 Tahun Silam
Bagikan ke:

OTODRIVER - Salah satu yang unik dari peluncuran Toyota New Fortuner di Indonesia, Jumat (06/09/2024) lalu adalah penggunaan kaliper rem berwarna merah pada sosok New Fortuner GR Sport 4x4 sebagai kasta tertinggi. Bahkan Toyota sampai mencantumkan perubahan ini pada situs resminya,

“Khusus untuk varian GR Sport 4x4 ini memang dilengkapi kaliper yang spesial ya berwarna merah yang merupakan warna GR beserta logonya,” tutur Philardi Sobari, Public Relation Manager, PT Toyota Astra Motor saat ditemi  OtoDriver (06/09/2024).

“Selain warnanya yang berbeda, terdapat beberapa perbedaan spesifikasi yang bisa memberikan performa pengereman lebih presisi saat digunakan di kecepatan tinggi maupun trek off-road,” sambung pria yang biasa disapa Ogi ini.

Foto - Toyota New Fortuner Dibekali Kaliper Merah. Punya Hubungan Erat Dengan Sejarah Otomotif 32 Tahun Silam
Kaliper Rem - New Fortuner GR Sport 4x4

Mengenai kaliper rem berkelir merah sebenarnya bukan hal baru. Mengutip dari situs uchanic.ca, warna merah pada kaliper rem selain unsur estetika terdapat pula pesan untuk menggambarkan sesuatu yang kuat.

Sejarah penggunaan warna merah untuk kaliper rem ini dimulai dari Brembo, tepatnya pada 1992 alias 32 tahun lalu. Produk ini dikenakan pada sosok kendaraan performa tinggi dari Porsche. 

Dan penggunaan kelir ‘pemberani’ ini sepertinya meninggalkan kesan yang demikian mendalam. Warna merah pada kaliper Brembo yang digunakan Porsche segera menjadi ikon tersendiri dalam dunia otomotif.

Bahkan pada era 90-an itu muncul trend modifikasi melakukan pengecatan warna merah pada kaliper mobil hampir di seluruh dunia.

Pada perkembangan berikutnya tak sedikit pabrikan mobil dengan produk rem lain yang menggunakan kelir merah pada kaliper remnya. Dan berlanjut hingga saat ini seperti pada New Fortuner yang menggunakan kaliper bikinan Aisin.(SS)  

#toyota-new-fortuner-gr-sport-4x4 #brake-caliper

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.