Tak Hanya Tampil Serba Baru, Mitsubishi Triton Juga Dibekali Dengan Mesin 'Sapu Jagad' Yang Unik

Kami menyebutnya sebagai mesin ‘sapu jagad’ lantaran dibuat dari basis yang sama, namun mesin ini menghasilkan racikan output yang berbeda yakni 110 PS/200 Nm, 150 PS/330 Nm dan 184 PS/430 Nm.
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 31 Juli 2024 18:00 WIB
Berita - Tak Hanya Tampil Serba Baru, Mitsubishi Triton Juga Dibekali Dengan Mesin 'Sapu Jagad' Yang Unik
Bagikan ke:

OTODRIVER - Ajang GIIAS 2024 dijadikan Mitsubishi sebagai ajang perkenalan produk Triton generasi terbaru alias generasi keenam. Pikap yang dibawa utuh dari Thailand ini tak hanya mengusung desain baru namun juga menyodorkan mesin penenggak solar gres yakni 4D16 4 silinder inline berkapasitas 2.4 liter di semua lininya. 

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) nampaknya memboyong enam varian yang terdiri terdiri empat varian double kabin dan dua single cabin. Kecuali Single Cabin 4x2, kelima model lainnya berpenggerak 4x4. Sebagai tambahan kelima varian 4x4 ini sudah dibekali dengan rear differential lock yang akan menambah kemampuan off-roadnya.

Foto - Tak Hanya Tampil Serba Baru, Mitsubishi Triton Juga Dibekali Dengan Mesin 'Sapu Jagad' Yang Unik
Mitsubishi Triton Gen VI - All New Triton

Dari sisi desain, All New Triton mengusung konsep “Power for Adventure and Always Reliable” di mana tampilan desain eksteriornya syarat dengan konsep Dynamic Shield dan lampu T-shape yang khas, serta bodi yang lebih besar dan solid untuk stabilitas dan ketangguhan. 

Dibanding dengan model sebelumnya, Triton terbaru ini hadir dengan desain bodi yang lebih mengkotak yang membuatkannya nampak lebih kekar. 

Sedangkan untuk desain interiornya, Triton disertai dengan dalam kabin yang modern namun tetap fungsional baik itu dari varian tertinggi hingga terendahnya.  Susunan pada dasbornya pun mudah disimak dan juga dijangkau.

Foto - Tak Hanya Tampil Serba Baru, Mitsubishi Triton Juga Dibekali Dengan Mesin 'Sapu Jagad' Yang Unik
Mitsubishi Triton Gen VI - All New Triton

Dari model basiknya, All New Triton sudah dijejali dengan fitur-fitur safety sebagai standar seperti ABS, Electronic Brake Distribution (EBD), Hills Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS) dan Active Stability and Traction Control (ASTC). 

Sedangkan varian tertingginya yakni Ultimate 4x4 hadir dengan fitur terlengkap dengan tambahan drive mode (7 mode), Auto Stop and Go, Active Yaw Control (AYC), rear view camera dan fitur ADAS yang terdiri atas Automatic High Beam (AHB), Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Lane Change Assist (LCA). 

Dari sisi sasis Mitsubishi memklaim bahwa mobilnya ini memiliki upgrade pada chassis tangganya dengan memberikan peningkatan bending rigidity hingga 60% dan torsional rigidity hingga 40%. Hal ini akan berpengaruh pada durabilitas dan juga handling yang lebih mantap.

Hal yang Istimewa dari generasi VI ini adalah pada mesin. Berdasarkan referensi yang ada Tiga Berlian untuk pasar Indonesia ditawarkan satu jenis mesin diesel yang diambil dari basis yang sama yakni 4N16 dengan kapasitas 2.4 liter.

Foto - Tak Hanya Tampil Serba Baru, Mitsubishi Triton Juga Dibekali Dengan Mesin 'Sapu Jagad' Yang Unik
Triton engine - 4D16 2.4 liter

Kami menyebutnya sebagai mesin ‘sapu jagad’ lantaran dibuat dari basis yang sama, namun mesin ini menghasilkan racikan output yang berbeda yakni 110 PS/200 Nm, 150 PS/330 Nm dan 184 PS/430 Nm.  Sedangkan mesin kasta teratasnya yakni 4N16 twin turbo yang mampu menyebur daya 204 PS nampak tidak dimasukkan dalam daftar mobil yang dijajakan di Indonesia.

Berbincang mengenai mesin, mungkin Mitsubishi ingin mencetak ulang prestasi mesin ‘sapu jagad’ lainnya yakni 4D56 yang bertahan lebih dari 35 tahun dan digunakan dari mobil entry level hingga high level.

“Mereka sangat mengapresiasi perubahan besar ini. Mobil ini durabilitasnya menjadi lebih tinggi dan lebih stabil, suspensi dan sasis mengalami peningkatan yang diapresiasi. Begitu juga dengan hadirnya fitur differential lock yang baru,” tutur Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI saat sesi wawancara di GIIAS 2024.

Mitsubishi All New Triton tersedia dalam beberapa varian seperti Single Cabin GLX 4x2 M/T, Single Cabin HDX 4x4 M/T, Double Cabin HDX 4x4 M/T, Double Cabin GLS 4x4 M/T, Double Cabin Exceed 4x4 M/T, dan Double Cabin Ultimate 4x4 A/T. (SS)

Double Cabin Ultimate 4x4 A/T

IDR 525,600,000

Double Cabin Exceed 4x4 M/T

IDR 491,850,000

Double Cabin GLS 4x4 M/T

IDR 447,900,000

Double Cabin HDX 4x4 M/T

IDR 426,650,000

Single Cabin HDX 4x4 M/T

IDR 377,150,000

Single Cabin GLX 4x2 M/T

IDR 301,350,000

#mitsubishi-triton-gen-vi #mitsubishi-4d16-engine #all-new-mitsubishi-triton

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.