Selain Blade Battery, Ketahui Juga Cell to Pack dan Cell to Body Mobil Listrik

Selain Blade Battery, Ketahui Juga Cell to Pack dan Cell to Body Mobil Listrik

OTODRIVER - Melihat banyaknya mobil listrik saat ini yang hadir dengan berbagai pilihan baterai, Build Your Dreams (BYD) berbagi informasi mengenai cell-to-body technology dan blade battery yang diadopsi produk mobil listriknya. 

Keduanya merupakan teknologi terkini, hasil dari berbagai studi, penelitian, dan pengembangan selama bertahun-tahun yang dilakukan oleh tim R&D BYD.

Tatsuya Mikami, Chief Advisor BYD Auto Japan menyebutkan, inovasi BYD dalam teknologi baterai terwujud dalam Blade Battery dan konsep Cell-to-Body yang membentuk fondasi yang revolusioner dalam dunia mobilitas listrik.

"Blade battery menghadirkan keseimbangan optimal antara daya, keamanan, dan efisiensi, menetapkan standar baru untuk baterai kendaraan listrik," terang Mikami.

"Sementara itu, pendekatan Cell-to-Body menyatukan sel baterai langsung ke struktur bodi, memaksimalkan efisiensi ruang, meningkatkan keamanan, dan menciptakan kendaraan yang lebih ringan dan ramah lingkungan," tambahnya.

Dolphin menggunakan Cell to Pack

Disebutkan, terdapat dua struktur pemasangan baterai pada e-platform 3.0, yaitu cell-to-pack (CTP) dan cell-to-body (CTB). Pada BYD Atto 3 dan Dolphin, cara pemasangan baterainya dengan sistem CTP. Sedangkan BYD Seal menganut CTB.

Untuk diketahui, pemasangan CTP dilakukan dengan dikumpulkannya baterai menjadi satu pack (struktur) dengan ditambahkan lempengan/panel (cover) sebelum dipasang ke e-platform 3.0. Sementara sistem CTB langsung dipasang ke e-platform 3.0 tanpa ada panel tambahan.

Tenaga yang dihasilkan konsep CTB diklaim lebih besar karena menggunakan baterai yang lebih banyak lantaran baterai langsung terintegrasi dengan rangka mobil.

Kondisi itu membuat tersedianya 25 persen ruang yang lebih besar dari CTP dan menghasilkan tingkat keamanan yang lebih besar. Sementara itu, pemasangan CTP mampu menunjang daya EV dengan performa yang lebih bertenaga.

Mikami juga menyebutkan, semua tipe dari CTP dan CTB sudah lolos uji keselamatan standar Eropa dengan meraih New Car Assessment Programs (NCAP) lima bintang. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com