Pasar EV Dunia Melemah, Toyota Turunkan Produksi

Mobil hibrida justru meningkat tren penjualannya
Penulis: Erie W. Adji
Minggu, 8 September 2024 15:00 WIB
Berita - Pasar EV Dunia Melemah, Toyota Turunkan Produksi

Tren penurunan mobil listruik di dunia sudah bergema

Bagikan ke:

OTODRIVER - Toyota Motor Corp. pekan ini (06/09/2024) secara resmi mengumumkan rencana menurunkan target produksi mobil listrik sebesar 30 persen sampai tahun 2026. Besaran itu setara 1 juta unit, target awal adalah 1,5 juta unit. 

Keputusan yang diambil tersebut karena ada tren penurunan penjualan mobil baru tenaga listrik di seluruh dunia. Kondisi ini telah membuat banyak pabrikan dunia lain merubah stretagi mereka atas produksi mobil listrik. 

Volkswagen AG bahkan sudah ambil keputusan menutup pabrik mobil listrik mereja di wilayah Jerman. Volvo juga menunda rencana penjualan mobil listrik murni di tahun 2030.

Di lain pihak, sejumla pabrikan asal Tiongkok seperti BYD seperti tidak terpengaruh dengan tren negatif tersebut. Namun menurut kantor berita Kyodo, pabrikan asal Cina itu juga sudah mulai memasuki tahap penurunan demand.

Salah satu penyebabnya adalah masih belum terciptanya baterai yang ongkos produksinya bisa ditekan lebih rendah lagi. Hal kedua, masalah populasi jaringan isi ulang daya listrik masih jadi masalah di banyak negara. 

Masih menurut Kyodo, beruntung pabrikan asal Tiongkok masih bisa berkompetisi di pasar dalam negeri sembari melakukan perang harga. 

Toyota sendiri secara umum bisa menjual setidaknya 104 ribu unit mobil listrik tahun 2023. Walaupun angka itu telah naik empat kali lipat dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya. 

Sementara itu, Toyota juga tengah menghadapi tren permintaan atas mobil hibrida yang malah meningkat terus. (EW)

#toyota #ev #market #global #byd #septmeber #technology #battery

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.