Kia Siapkan EV3 dan EV4 Sebagai EV Harga Ekonomis. Mampu Dongkrak Minat EV Dunia?

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Selasa, 12 Maret 2024 10:20 WIB
Berita - Kia Siapkan EV3 dan EV4 Sebagai EV Harga Ekonomis. Mampu Dongkrak Minat EV Dunia?
Bagikan ke:
Harga yang lebih murah akan menjadi penyegar di tengah turunnya minat EV dunia

OTODRIVER - Kia dikabarkan tengah membidik pasar mobil listrik dengan harga terjangkau. Pabrikan asal Korea Selatan ini tengah mempersiapkan model EV3 dan EV4 untuk keperluan ini. Model konsep ini sudah dipersiapkan Kia sejak akhir tahun lalu.

Belum ada konfimasi target harga yang dipatok untuk keduanya, namun Ed Kim, Presiden AutoPacific sebuah perusahaan riset pemasaran otomotif dan konsultan produk memperkirakan harganya akan berada di sekitar $35.000 atau Rp543 jutaan.

Posisi harga ini membuka peluang bagi Kia untuk masuk segmen baru di pasar kendaraan listrik dunia dan memberi keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya.

EV3 diperkirakan akan hadir akhir tahun ini atau awal tahun 2025, sedangkan EV4 kemungkianan meluncur pada 2006.

Mengenai menurunnya permintaan EV akhir-akhir ini , Kim berpendapat bahwa hal tersebut disebabkan oleh pasar yang sudah jenuh dengan kendaraaan listrik mewah dan harga mahal yang tak bisa penuhi kebutuhan di kelas menengah.

“Jika produsen mobil dapat mendekati titik harga $34,000 dengan kendaraan listrik berukuran Toyota RAV4, hal ini akan sangat membantu dalam menjangkau konsumen tersebut,” kata Kim kepada Auto News. “Untuk melanjutkan pertumbuhan Kia sebagai merek non-mewah, mereka perlu mengatasi bagian pasar yang mainstream, dan untungnya mereka hadir dengan EV3 dan EV4,” Lanjutnya.

Foto - Kia Siapkan EV3 dan EV4 Sebagai EV Harga Ekonomis. Mampu Dongkrak Minat EV Dunia?
Kia EV3 concept

Kim membeberkan bahwa EV3 dianggap sebagai versi miniatur dari EV9, sedangkan EV4 adalah sedan low-slung. Jika EV3 dibanderol dengan harga sekitar $35.000, maka ia akan menjadi saingan langsung Chevrolet Equinox EV, sementara harga awal yang sama untuk EV4 akan memungkinkannya mengalahkan Tesla Model 3.

Hanya saja, analis ini tidak menyebutkan mengenai keberadaan EV asal China yang saat ini sudah cukup kuat bermain di segmen harga ini.

Walau demikian, kehadiran EV dengan harga terjangkau dari Kia ini sedikit banyak akan mempengaruhi iklim kompetisi EV dunia. (SS)

#kia #ev #ev3 #ev4 #ev-terjangkau

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.