Hyundai Santa Fe Hybrid Masuk Indonesia Akhir Tahun Ini

“Kemungkinan Santa Fe Gen V akan masuk Indonesia pada semester kedua 2024 ini. Bisa jadi September atau Oktober ini,”
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 10 Agustus 2024 13:47 WIB
Berita - Hyundai Santa Fe Hybrid Masuk Indonesia Akhir Tahun Ini
Bagikan ke:

OTODRIVER - Disebut-sebut bahwasanya Hyundai Indonesia akan segera meramaikan bursa mobil hybrid di Indonesia. Hyundai memastikan meluncurkan mobil hybrid di Indonesia tahun ini juga kendati sudah dipastikan model ini tak bakal mendapatkan insentif tambahan seperti halnya yang terjadi pada mobil listrik murni.

“Berbicara tentang hybrid, sebentar lagi Hyundai (Indonesia) akan meluncurkan salah satu produk hybrid,” tutur Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui di Jakarta, Jumat (09/08).

Frans memang belum menunjukka detail model apa yang akan dia bawa ke Indonesia, namun ia memberi kisi-kisi bahwa model hybrid itu akan berwujud sebuah SUV.

Lalu kira-kira model apakah yang dimaksud?

Sekitar bulan November 2023 silam, narasumber OtoDriver pernah membisikkan informasi tentang kehadiran Santa Fe generasi V di Indonesia. 

Kemungkinan Santa Fe Gen V akan masuk Indonesia pada semester kedua 2024 ini,” beber narasumber yang tak mau disebut identitasnya itu. “Bisa jadi September atau Oktober ini,” lanjutnya.

Walau demikian saat itu ia belum tahu spesifikasinya akan seperti apa, bahkan saat dihubungi kembali pada Sabtu (10/08) ia mengaku belum juga mengantongi detail produk yang akan masuk.

Hanya saja ia mengatakan bahwa model hybrid dipastikan dibawa ke Indonesia. “Apakah Hyundai Indonesia akan membawa model hybrid (HEV) atau plug in hybrid (PHEV) belum jelas,” imbuhnya.

Foto - Hyundai Santa Fe Hybrid Masuk Indonesia Akhir Tahun Ini
Hyundai Santa Fe gen V

Merangkum beberapa data dan spesifikasi spesifikasi yang ada di luar sana, kemungkinan model yang akan masuk merujuk pada model HEV. 

Mengutip dari autoevolution.com, menjelaskan bahwa model PHEV baru sebatas ditawarkan di Eropa saja.

Sedangkan untuk tipe non hybrid Santa Fe dibekali mesin 2.5 liter turbo ataupun non turbo sepertinya bukan spesifikasi yang cukup pas dengan kultur orang Indonesia. Kendati model berkapasitas mesin besar ini sudah ada di pasar Filipina saat Seperti apakah gambaran sosok Santa Fe HEV?

SUV HEV yang menggunakan platform berkode Hyundai-Kia N3  dilengkapi dengan mesin bensin Smartstream 1.6 liter turbo GDi yang mampu membesut tenaga kombinasi 227 hp/ 5.500 rpm dan torsi 350 N.m /1.500-4.400 rpm.

Kinerja mesin ini diakurkan dengan transmisi 6 speed otomatis. Berdasarkan pengetesan internal, Hyundai mengklaim bahwa mobil ini bisa melaju 0-100 km/jam tuntas dalam 9,5 detik dengan kecepatan puncak 190 km/jam. (SS)

#hyundaoi #santa-fe-gen-v #hyundai-indonesia

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.