Generasi III Toyota 86 Gunakan Mesin GR Yaris?

Generasi III Toyota 86 Gunakan Mesin GR Yaris?

OTODRIVER - Dua generasi Toyota 86 telah diluncurkan sejak 2021 silam. Berkaca dari kiprah generasi pertama (2012-2021) setidaknya butuh sembilan tahun untuk melahirkan generasi selanjutnya. Sepertinya masih terlalu pagi untuk berbincang mengenai generasi selanjutnya.

Namun rumor gambaran tentang generasi III sudah beredar ramai. Beberapa sumber mengatakan bahwa penerusnya akan mengandalkan mesin turbo tiga silinder yang dipadu dengan sistem hybrid. Dengan demikian ia pun akan menanggalkan mesin boxer yang selama ini jadi ciri khasnya.

Mengutip dari Carscoops, setidaknya rumor ini telah beredar selama setahun belakangan. Kabar burung itu pun lantas memunculkan beberapa spekulasi tentang waktu kehadirannya. Pertama mengatakan akan debut pada 2028 dengan menampilkan mesin 1.4 liter turbo dengan tempelan hybrid, dan spekulasi lainnya mengatakan akan hadir di 2025 dengan mesin hybrid 1.6 turbochargered.

Menurut laporan terhangat dari BestCar, salah satu media di Jepang, kandidat mesin 86 adalah mesin yang serupa dengan GR Yaris dan GR Corolla yang bakal menjadi kandidatnya. Mesin ini pun bakal punya lecutan daya lebih dari 300 hp.

Sedang untuk sistem hybridnya akan menggunakan seperti yang digunakan pada Land Cruiser 250 atau Lexus GX. Hal ini sekaligus menyiratkan bahwa 86 akan tetap dipertahankan sebagai mobil berpenggerak roda belakang.

Pemilihan mesin 3 silinder ini sekaligus menjadi isyarat berakhirnya kolaborasi Toyota dan Subaru. Dua generasi yang ada, keberadaan 86 cukup erat dengan keberadaan Subaru BRZ. Sayangnya laporan tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai spekulasi akan kelangsungan hidup BRZ.

Apakah 86 akan seperti yang digambarkan dan BRZ akan tinggal cerita? Kita lihat perkembangannya. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com