Daya Tarik Mobil China Mulai Pikat Konsumen Indonesia

Daya Tarik Mobil China Mulai Pikat Konsumen Indonesia

OTODRIVER - Salah satu produsen mobil asal China BYD saat ini sudah mulai memimpin penjualan mobil listrik dunia bersama Tesla, hal ini membuktikan mobil China sudah banyak dilirik. Dalam 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia sendiri, salah satunya merupakan merek China dimana ada nama Wuling dan Chery. Bukan tanpa alasan kenapa masyarakat sudah mulai memilih mobil China dibanding merek Jepang atau Eropa.

Dalam Studi berjudul "The Road to Southeast Asia: A Study of Consumer Perceptions and Market Opportunities for Chinese Automotive Brands" mengungkapkan alasan konsumen Indonesia kepincut mobil Cina. Studi ini dilakukan oleh konsultan komunikasi Asia Tenggara, Vero dan perusahaan manajemen pemasaran terpadu Tiongkok, WeBridge. Ternyata konsumen di Indonesia sangat tertarik dengan fungsional dan desain dari produk Cina, serta ketersediaannya melalui saluran online dan offline. 

"Merek-merek Cina dinilai dapat menggali lebih dalam untuk mengatasi masalah konsumen dalam adopsi kendaraan listrik, seperti infrastruktur pengisian daya dan sistem penukaran baterai yang nyaman," kata  Quang Do, Vice President IMC Consulting-Vero sebuah perusahaan manajemen pemasaran terpadu Tiongkok dalam siaran persnya, Rabu (3/12).

Dari data yang dijabarkan, 40 persen merek-merek China di Indonesia berkisar pada harga produk dan layanan mereka yang kompetitif, sementara 29 persen berfokus pada teknologi dan inovasi, secara khusus menyoroti elektronik dan kendaraan, sehingga menarik perhatian konsumen di Indonesia.

Salah satu produk otomotif China yaitu Wuling Air ev populasi produknya sudah mencapai angka 11 ribu unit sejak pertama kali dikenalkan pada Agustus 2022. Sekitar 11 ribuan lebih sementara yang paling laris varian Air ev Long Range. Sekarang berkontribusi sekitar 90 persen dari penjualan," ungkap Dian Asmahani, Direktur Pemasaran Wuling Motors Indonesia beberapa waktu lalu.

Penjulaan mobil listrik mini ini juga telah mampu mengharumkan nama Wuling dalam penjualan di Indonesia. Pasalnya telah melebihi model terlaris sebelumnya, yakni Wuling Confero. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com