BPBD DKI Jakarta Gelar Automotive Hero Day, Edukasi Dengan Simulasi Bencana di IIMS 2024

BPBD DKI Jakarta Gelar Automotive Hero Day, Edukasi Dengan Simulasi Bencana di IIMS 2024

OTODRIVER - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 tak hanya hadir menyuguhkan pameran otomotif semata, namun juga aktivitas para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Inilah sosok “pahlawan” masyarakat perkotaan untuk tanggap bencana yang siap membantu masyarakat yang tengah ditimpah bencana baik alam maupun non-alam.

Dalam gelaran ini IIMS 2024 menggandeng tim BPBD DKI Jakarta untuk memperlihatkan “show of force” sekaligus mengedukasi ke publik. “Automotive Hero Day” menjadi tagline edukasi BPBD DKI di pelataran konser musik IIMS Infinite Show (17/02).

BPBD DKI Jakarta hadir memberikan edukasi dan sosialisasi bencana ke publik. Salah satunya mengenai kemudahan akses menggunakan jasa BPBD DKI Jakarta untuk membantu masyarakat.

Tim tanggap bencana DKI di IIMS 2024

“Kami sangat mengapresiasi pihak Dyandra dan IIMS, BPBD DKI Jakarta dapat memberikan edukasi dan atraksi tim dalam menangani insiden kecelakaan lalu lintas. Kamipun membuka layanan Jakarta Siaga 112 yang dapat diakses publik 24 jam untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan,” tukasMuhamad Thoufiq hidayatuloh ST. MA., Kasubkel Pengendalian dan Operasi BPBD DKI di JiExpo Kemayoran, Jakarta (17/02).     

Aksi dimulai dengan memperagakan personel dan armada pendukung Tim BPBD DKI Jakarta “Automotive Hero Day” memberi nuansa edukasi dan atraksi dalam penanganan accident. Tim terdiri dari 25 personel, 2 sepeda motor, 2 mobil komando, 1 mobil Layanan Dukungan Psikososial (LDP), dan 1 ambulans.

Simulasi penanganan insiden kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor dan mobil. Prosedur panggilan darurat 112 dan penanganan korban patah tulang (dislokasi) diperagakan tim BPBD DKI Jakarta. Termasuk penanganan korban yang masih berada di kabin menjadi pelajaran berharga dalam gelaran ini.

Selain itu, Automotive Hero Day pun melibatkan penonton untuk ikut dalam mendapat experience dalam rescue korban. Penanganan korban yang tepat oleh tim terlatih BPBD menjadi sarana edukasi dan sesuai dengan prosedur safety baik untuk korban dan petugas. (SS) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com