Akar Masalah Sumbu Roda Chery Omoda 5 Patah Terkuak, Adanya Kesalahan Kalibrasi Alat Las

Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 6 Mei 2024 09:00 WIB
Berita - Akar Masalah Sumbu Roda Chery Omoda 5 Patah Terkuak, Adanya Kesalahan Kalibrasi Alat Las
Bagikan ke:
Akar masalah dari Chery Omoda 5 di Malaysia yang terdampak patah sumbur roda telah teridentifikasi.

OTODRIVER - Akar masalah dari Chery Omoda 5 di Malaysia yang terdampak patah sumbur roda telah teridentifikasi. Seperti dikutip dari paultan.org (5/5), Chery Malaysia bekerja sama dengan Kementerian Transportasi setempat berhasil menemukan sumber masalah tersebut.

Disebutkan bahwa ada kesalahan prosedur terkait tahap pengelasan. Lee Wen Hsiang selaku Vice President Chery Auto Malaysia menyebutkan bahwa pihaknya telah menemukan akar masalah pada tahap pengelasan di proses produksi Chery Omoda 5 di Malaysia.

Foto - Akar Masalah Sumbu Roda Chery Omoda 5 Patah Terkuak, Adanya Kesalahan Kalibrasi Alat Las
Sumbu roda Chery Omoda 5 yang patah

“Setelah penyelidikan komprehensif, vendor melaporkan bahwa masalah ini disebabkan oleh peningkatan fasilitas di mana ujung mesin las otomatis yang sudah usang diganti dengan ujung las baru. Penggantian ujung las yang baru mengakibatkan kesalahan kalibrasi pada peralatan,” ujar Lee seperti dikutip dari Paultan.

Saat ini, total 60 unit Omoda 5 teridentifikasi menggunakan komponen yang terdampak. Hingga 3 Mei lalu, Chery Malaysia telah menghubungi 32 dari 60 pemilik Chery Omoda 5 untuk selanjutnya dilakukan penggantian parts.

Sebelumnya, terdapat  unggahan viral yang memperlihatkan sebuah Omoda 5 mengalami sumbu roda belakang yang terlepas dari kendaraan. Terlepasnya sumbu roda belakang ini rupanya merupakan kejadian kedua di Negeri Malaysia tersebut. 

Namun sejauh ini, belum ada kejadian serupa yang menimpa Chery Omoda 5 di Indonesia. Tampaknya, kejadian ini hanya akan terjadi di Malaysia karena sumber masalahnya adalah kesalahan alat perakitan. Sebagai informasi, Chery Omoda 5 yang ada di Indonesia dan Malaysia merupakan rakitan masing-masing tiap negara. (AW).

#chery #omoda-5

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.