Wuling Semakin Moncer Sebagai Pembuat EV, Sentuh 1 Juta Unit

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 12 November 2023 06:00 WIB
Berita - Wuling Semakin Moncer Sebagai Pembuat EV, Sentuh 1 Juta Unit
Bagikan ke:
Wuling jadi pembuat EV terlaris di Indonesia, berbekal satu model saja

Wuling merupakan brand otomotif yang punya sengat tajam khususnya pada segmen mobil listrik. Pabrikan berlogo lima berlian ini meraih sukses dengan mengenalkan Wuling Air ev pada 2022 silam. Mobil produksi Cikarang itu dari pertama kali diluncurkan hingga bulan September 2023 ini telah terjual sebanyak 11 ribu unit di Tanah Air.

Diperkirakan dalam waktu yang tak lama, Wuling akan memperkuat lini mobil setrumnya dengan menghadirkan model EV terbaru yang lebih lega. Model ini pernah dipamerkan di Indonesia beberapa waktu silam dengan menyandang nama Binggo. Sedangkan di negeri asalnya, Tiongkok ia dikenal dengan nama Bingo.

Bahkan gelagat kehadirannya juga sudah tercium dengan munculnya pada situs Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan kode E206REV.

Sejauh ini pihak Wuling belum banyak menanggapi kehadiran mobil baru ini. Dian Asmahani,  Brand & Marketing Director Wuling Motors saat dihubungi beberapa waktu silam. “Kami tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut. Saat ini, kami masih berfokus pada penjualan kendaraan listrik pertama kami di Indonesia, Air ev,” ungkapnya.

Namun demikian, saat ini Wuling masih mencatatkan diri sebagai produsen listrik terlaris di Indonesia, walau hanya mengandalkan satu model mobil saja.

Kiprah Wuling sebagai pembuat EV tidak bisa dipandang sebelah mata. Pabrikan yang bernaung di bawah payung SAIC-GM-Wuling Automotive (SGMW) ini telah mengawali kiprahnya sebagai pembuat mobil listrik sejak 2016 silam dan hingga kini telah memproduksi hingga satu juta unit mobil listrik sampai hari ini.

Mengutip data dari Wuling, untuk tahun 2023 saja pabrikan ini mencatatkan penjualan EV di seluruh dunia pada hingga angka 347 ribuan unit (Januari-hingga saat ini).

Penjualan tersebut meliputi mobil terbarunya Bingo di China yang menoreh angka 120 ribuan sejak diluncurkan pada April 2023. Sedangkan penjualan EV Wuling selain Bingo di negeri Tirai Bambu ini mencapai 214 ribuan unit.

Angka ini masih ditambah lagi dengan penjualan Wuling Air ev di Indonesia yang menyentuh angka 3.229 unit (Januari-September 2023 berdasarkan data Gaikindo).

Sedikit berbincang mengenai Binggo atau Bingo, menurut kami ia akan menjadi pilihan yang cukup ideal untuk mempertajam pasar EV Wuling. 

Wuling punya reputasi yang cukup baik dengan Air ev sebagai EV terlaris di Indonesia, selain mobil ini punya potensi untuk lebih mudah diterima oleh pasar. Binggo memiliki dimensi yang lebih bongsor dan bagasi lebih besar dari Air ev serta dibekali dengan empat pintu.

#wuling-air-ev #wuling-binggo #bev

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.