Sempat Menghilang, Toyota Land Cruiser Bakal Lahir Kembali di Amerika Sebagai ‘Prado’

Pasar AS sempat kehilangan Land Cruiser pada 2021
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 8 Juli 2023 08:00 WIB
Berita - Sempat Menghilang, Toyota Land Cruiser Bakal Lahir Kembali di Amerika Sebagai ‘Prado’
Bagikan ke:

OTODRIVER. Baru-baru ini Toyota North America menyebarkan gambar-gambar mengenai SUV baru mereka. Sebuah model yang punya siluet yang identik dengan Lexus GX yang baru saja meluncur belum lama ini. Sosok ini hadir didampingi oleh siluet dari Land Cruiser 40 Series yang legendaris.

Mengutip dari Car&Driver, The Three Ovals belum memberikan penjelasan mengenai nama mobil ini. Namun mereka seolah memberi kisi-kisi dengan hanya menyebut bahwa ini merupakan 65 tahun sejarah off-road mereka.

Kehadiran Land Cruiser 40 Series yang diparkir berhadapan dengan model ‘misterius’ ini pun memberi isyarat tersendiri.

Land Cruiser 40 Series pertama kali hadir pada 1960, maka eksistensi sang legenda off-road ini di usia yang ke 65 tahun akan jatuh di 2025 mendatang.

Lalu apakah model ini merupakan wujud terlahirnya Land Cruiser di kawasan Amerika Utara?

Anggap saja hal ini benar, maka untuk pertama kalinya, pasar Amerika Utara akan menerima Land Cruiser yang beda dengan model global yakni Land Cruiser 300. Di sisi lain AS pun untuk pertama kalinya juga akan mendapatkan Land Cruiser Prado yang sebelumnya tidak pernah masuk ke market mereka secara resmi. Bisa saja pada 2025 kelak Land Cruiser hadir kembali di negeri koboi sebagai Prado atau dengan nomenclature lain.

Foto - Sempat Menghilang, Toyota Land Cruiser Bakal Lahir Kembali di Amerika Sebagai ‘Prado’
Siluet SUV misterius Toyota mirip dengan All New Lexus GX

Mengapa demikian? Carscoops pernah mengatakan bahwa All New Lexus GX disebut-sebut bakal menitis sebagai Next Gen  Land Cruiser Prado.

Menengok ke belakang. Pada 2020 Toyota North America memberikan konfirmasi pada Road&Track bahwa Land Cruiser J200 akan stop produksi pada 2021. Lebih jauh lagi wilayah Amerika Utara juga tidak mendapat jatah generasi penerus yakni J300 atau Land Cruiser 300. Maka J200 otomatis menjadi penutup kiprah Land Cruiser di kawasan ini.

Di lain pihak, lembar sejarah mencatat bahwa muasal kehadiran GX berangkat dari sosok Land Cruiser Prado yang diupgrade menjadi lebih mewah dengan mesin lebih besar. Walau sama-sama masuk dalam kategori fullsize, tapi dari sisi dimensi GX dan Prado lebih kompak dibandingkan Land Cruiser J200 ataupun Lexus LX.

GX muncul pertama kali pada November 2002 dan berbagi banyak hal dengan Land Cruiser Prado J120. SUV ini menempati posisi di bawah Lexus LX470 yang merupakan turunan dari Land Cruiser 100. (SS)

#land-cruiser #lexus-gxland-cruiser-j40 #nxt-gen-prado

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.