Penerbitan Diperketat, Kode Pelat Nomer Khusus 'RF' Diganti dengan 'Z'

Penerbitan Diperketat, Kode Pelat Nomer Khusus 'RF' Diganti dengan 'Z'

Jakarta, OTODRIVER, Pelat nomer kendaraan khusus memakai kombinasi akhiran huruf 'RF' akan diganti dengan 'Z' sesuai dengan penetapan yang dilakukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. 

Tak sembarangan, nantinya pelat nomer dengan kode huruf Z dapat digunakan oleh Kementerian dan Lembaga, TNI/Polri hingga Elson1-2. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigadir Jenderal Yusri Yunus. 

Menurut Yusri, nantinya pelat kendaraan yang telah diubah menjadi huruf 'Z' tetap memakai awalam angka '1' untuk bagian depan. 

"Polisi yang tadinya 'RFP' jadi 'ZZP', Angkatan Darat 'ZZD', kan gitu semuanya kepala 1, angka 1," kata Yusri dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari laman CNN.com.

BacaJuga:   Ada Aturan Ketat untuk Mendapatkan Pelat Nomor Khusus

Lebih lanjut ia mengatakan penerbitan pelat ini juga akan dibuat lebih ketat, dan langsung dilakukan Polda sesuai arahan Korlantas Polri. Tak hanya itu saja, nantinya akan ada verifikasi apakah kendaraan tersebut memenuhi aturan untuk mendapatkan pelat nomor khusus dan rahasia. Jika sesuai, baru bisa menggunakan pelat nomor khusus yang berlaku selama satu tahun.

"Mekanisme pengajuannya, jadi kami lalu lintas cuma cetak STNK pelat nomor khusus dan rahasia saja. Tetapi dari Kementerian Lembaga, TNI, Polri mengajukannya kepada Kabag Intelkam kalau polisi tembusan ke Propam polisi. Kalau Angkatan Darat ke POM darat, Angkatan Udara ke POM Udara, kementerian lembaga tembusan inspektorat pengawasan masing-masing," ujar Yusri. 

Seperti diketahui mulai Oktober 2023 tidak ada lagi pelat yang memakai kombinasi RF pada akhiran huruf, jika dtemukan diyakini pelat tersebut palsu, apalagi digunakan untuk beberapa tahun mendatang. 

"Jadi bulan 10 tahun 2023 sudah tidak ada lagi pakai RF, QH, IR yang kepala 1 di depannya. Kalau ada yang 2024, 2025 itu indikasi palsu jadi biar enggak main-main," tutupnya. (AAR) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com