Nantinya Bikin SIM Akan Gunakan Scan Wajah

Nantinya Bikin SIM Akan Gunakan Scan Wajah

Setelah menyediakan layanan bimbel untuk mengikuti tes Surat Izin Mengemudi (SIM). Kali ini, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggunakan sistem pengenalan atau scan wajah dalam proses ujian pembuatan surat Izin Mengemudi SIM.

Hal itu diungkapkan Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus untuk menghapus praktik calo dalam penerbitan SIM.

"Jadi kalau mengikuti ujian SIM, itu kalau bukan mukanya, enggak akan kebuka. Kalau dulu bisa pakai joki, sekarang sudah pakai face recognition. Jadi jika masyarakat pakai calo,  enggak akan bisa, nantinya langsung keluar Anda tidak lulus," jelas Yusri dalam dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Penggunaan face recognition atau pengenal wajah untuk ujian SIM ini akan diterapkan di Satpas Prototype. Yusri berharap fitur ini dapat diaplikasikan dalam waktu dekat. 

Selanjutnya, nantinya oknum petugas di Satpas SIM tak bisa lagi melakukan tindakan nakal karena semuanya dipantau terpusat oleh Korlantas Polri.

Menurut Yusri, saat ini banyak petugas yang bisa mengatur peserta yang tidak lulus menjadi lulus. Lewat sistem terbaru, semuanya akan disentralisasi. 

"Nantinya, semua diatur oleh Korlantas, kalau tahu tidak lulus, tidak akan terklik. Kalau persyaratannya tidak diikuti, misalnya tidak ikut ujian praktik, ujian teori, itu akan dilihat oleh kami punya command center," ujar Yunus.

Namun, jika gagal dalam pembuatan SIM bisa diulang hari itu juga. Hal itu disampaikan apolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengusulkan pemohon SIM bisa melakukan uji praktik ulang di hari yang sama seandainya gagal di kesempatan pertama.

"Selain itu saya juga meminta agar pemohon SIM yang gagal ujian praktik, dapat diberikan kesempatan 2 kali di hari yang sama, agar tidak memakan waktu terlalu lama untuk" ujar Kapolri dalam akun Instagram resminya @listyosigitprabowo, Senin (31/10).

Ia juga menambahkan, dalam proses ujian pembuatan SIM, berharap kepada petugas agar masyarakat pemohon SIM diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum melaksanakan ujian praktik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com