Mudik In Style 2023 Mercedes-EQ EQS 450+ : Mewah Namun Operasional Murah

Mudik In Style 2023 Mercedes-EQ EQS 450+ : Mewah Namun Operasional Murah

Mudik In Style merupakan program tahunan Otodriver dan pada Lebaran 2023 ini Fitra Eri menjatuhkan pilihannya pada Mercedes-EQ EQS 450+.  Sedan full elektrik ini dipilih redakur dan reviewer Otodriver ini untuk membawa keluarganya berlebaran di kota Cirebon.

“Saya percaya diri membawa mobil ini ke Cirebon tanpa khawatir kehabisan baterai. Di atas kertas mobil ini bisa menempuh jarak hingga kurang lebih 700 km,” tutur bapak 2 anak ini.

“Total perjalanan kami sekeluarga menyentuh jarak sekitar 600 km (pergi-pulang) dengan demikian kira-kira 300 km untuk sekali jalan. Sehingga cukup melegakan tanpa khawatir untuk perjalanan kami kali ini,” sambungnya. Walau demikian, Fitra tetap saja melakukan pengisian listrik saat bermalam di sebuah hotel di Cirebon. “Baterai dengan kondisi penuh tetap lebih percaya diri,” jelasnya.

Sebagai mobil listrik premium, EQS 450+ merupakan sebuah mobil yang cukup nyaman. Mengenai kesenyapan interiornya cukup mengesankan dan juga bantingan suspensinya pun cukup nyaman. “Kabinnya cukup lega dan mampu memberikan kelegaan dan keleluasaan setiap orang yang ada di dalamnya. Selain itu banyak fitur canggih yang dibenamkan padanya,” beber alumni Universitas Indonesia ini.

Layaknya EV, mobil ini punya akselerasi kuat dan juga biaya operasional yang cukup murah, suatu hal yang nyaris tidak bisa dilakukan pada mobil dengan bobot hampir 2.5 ton jika menggunakan pada mobil bermesin konvensional.

Bodi berat dan punya panjang lebih dari 5 meter, namun mobil ini punya radius putar kecil lantaran pengerak all wheel steering (AWS).

Walau demikian tetap saja sebuah Mercedes-EQ EQS 450+ tetaplah punya kekurangan. Sistem radarnya terasa terlalu sensitif untuk pengereman otomatis, sehingga kadang justru mengagetkan penggunanya. Selanjutnya mobil ini punya ground clearance rendah, sehingga penggunanya harus cukup berhati-hati terutama saat menghadapi medan jalan berkontur.

Kabin nan lega dan nyaman nampaknya masih saja ada kurangnya, yakni absennya tuas pegangan tangan di kabin. Hal yang sederhana namun cukup memberikan kenyamanan saat di dalam mobil ini.

Dan kekurangan ‘utama’ dari mobil ini adalah harganya mahal, yakni menyentuh Rp2,98 milyar OTR Jakarta.

Mercedes-EQ EQS 450+

Motor listrik :333 hp

Kapasitas baterai : 107,8 kWh

Rute : Jakarta-Cirebon via Tol Trans Jawa PP

Jarak tempuh : 600 km (PP)

Konsumsi listrik : 5,5 km/ kWh

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com