Mobil Bermesin Diesel Bisa Lolos Uji Emisi, Asal Lakukan Ini

Bisa dilihat dari ambang batas pengecekan dan wajib melakukan servis rutin agar lolos uji emisi.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Rabu, 13 September 2023 06:00 WIB
Berita - Mobil Bermesin Diesel Bisa Lolos Uji Emisi, Asal Lakukan Ini
Bagikan ke:

OTODRIVER- Tak sedikit pemilik mobil bermesin diesel khawatir tak akan lolos uji emisi, dikarenakan kerap mengeluarkan asap hitam.

Namun ternyata tak semua mobil diesel yang mengeluarkan asap tidak lolos uji emisi. Di mana harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu. 

"Setiap mobil baik bensin maupun diesel itu memiliki ambang batas pengecekan. Misalnya khusus untuk bermesin diesel itu bisa dilihat dari Hartridge Smoke Unit (HSU) yang memiliki ambang batas mencapai 40 persen," kata Yuli Kridiawan, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, saat ditemui di Jakarta, dalam acara kontes mekanik beberapa waktu lalu. 

Menurutnya ketika ambang batas HSU di atas 40 persen menandakan mobil tersebut tak lolos uji emisi. Jadi wajib 40 persen atau di bawah angka tersebut. 

"Mobil yang berasap (diesel) belum tentu tidak lolos karena banyak kandungan lain. Ketika pengecekan juga pasti akan ditekan gas beberapa kali hingga mencapai asap aslinya," tambahnya. 

Agar lolos ia menyarankan untuk melakukan perawatan rutin atau servis berkala. Serta tidak luput untuk menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan. 

"Beberapa kali kita cek yang bermesin diesel itu tidak lolos karena bahan bakarnya yang digunakan tidak sesuai, jadi pastikan untuk sesuai agar emisi gas buang menurun," paparnya. 

Jadi pastikan untuk tetap melakukan servis rutin yang disarankan agar lolos uji emisi. (AAR

#uji-emisi #mesin-bensin #mesin-diesel #mobil-diesel #gas-buang-kendaraan #polusi-udara

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.