Lexus GX Terbaru Meluncur. Tetap Bertenaga Meski Opsi Mesin V8 Dihapus

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 18 Juni 2023 10:00 WIB
Berita - Lexus GX Terbaru Meluncur. Tetap Bertenaga Meski Opsi Mesin V8 Dihapus
Bagikan ke:
Pertama kalinya Lexus gunakan mesin 4 silinder di mobil sasis tangga

Lexus GX generasi III melakukan world premiere di Austin Texas waktu lalu. Dan kabarnya SUV mewah namun tangguh ini akan dirilis secara bertahap di berbagai wilayah, mulai akhir tahun 2023 ini.

Dikutip dari laman Global.Toyota, SUV ini berdiri di atas sasis tangga modern yakni TNGA-F yang artinya platform yang sama dengan yang digunakan pada Toyota Land Cruiser 300, Lexus LX hingga Toyota Seqouia.

Sedangkan untuk mesin, pihak Lexus memberi opsi mesin bensin V6 3.445cc twin-turbocharged yang mampu mendeliver tenaga dan torsi yang mengesankan. Mesin yang sama dengan yang gunakan pada Lexus LX yang telah meluncur di 2022 silam. Dari beberapa sumber dikatakan bahwa jantung mekanis ini mampu menyembur daya 349 hp dan torsi 446 Nm.

Sedangkan opsi mesin lainnya adalah mesin 4 silinder 2.393cc I_Force Max Turbo Hybrid yang diperkirakan mampu meraup daya 278 hp dan torsi 381 Nm. Ini masih perkiraan yang kami ambil dengan memadankan spesifikasi dari All New Tacoma Hybrid yang juga mengkaryakan platform TNGA-F.

Kedua mesin ini pun dikawinkan dengan transmisi 10 percepatan otomatis. Varian 2.4 liter hybrid ini merupakan debut perdana bagi Lexus pada mobil ladder-frame.

Seperti halnya sang kakak LX, kiprah mesin V8 tidak lagi dilanjutkan.

Dari sisi tampilan, Lexus GX mengusung konsep desain yang sama sekali baru. Pahatan tubuhnya nampak lebih mengkotak dan juga lebih kaku. Namun justru menimbulkan kesan lebih maskulin dibanding generasi sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, All New Lexus GX ini punya dimensi bodi yang lebih besar. Wheelbase 2.850 mm atau sama dengan LX, panjang 4.950 mm, lebar 1.980 mm dan  tinggi 1.865 mm. Dibanding generasi sebelumnya yang punya wheelbase 2.790 mm, panjang 4.880 mm, lebar 1.885 mm dan tingga 1.830-1.885 mm.

Menjelajah ke dalam interiornya, GX mendapatkan sistem infotainent layar sentuh 14 inci pada bagian tengah dasbornya. Walau demikian, Lexus menyediakan tombol fisik pengatur suhu dan volume, walaupun dengan layar sentuh besar sekalipun.

Foto - Lexus GX Terbaru Meluncur. Tetap Bertenaga Meski Opsi Mesin V8 Dihapus

Fitur keselamatan aktif standar pada Lexus GX termasuk lane-departure alert with steering assist, road-sign assist, proactive driving assist, radar cruise control, lane tracing assist, dan pre-collision system with pedestrian detection.

Lexus akan menawarkan GX dengan enam level trim, mulai dari Premium dan diakhiri dengan Luxury Plus. Di tengah varian tersebut terdapat varian baru yakni Overtrail dan Overtrail Plus. Trim baru ini telah dibekali dengan ban 33 inci yang membungkus pelek 18 inci, differential locker pada bagian belakang dan punya tapak roda yang lebih lebar dari GX standar.

Artinya tipe ini lebih diperuntukkan sebagai kendaraan off-road yang lebih serius.

Selain itu GX juga akan dijejali teknologi suspensi E-KDSS atau  Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System. Teknologi yang sama dengan diterapkan pada Land Cruiser 300.

Lexus GX akan diproduksi di fasilitas Tahara dan akan mulai dipasarkan pada awal tahun depan.

 

#lexus-gx #tnga-f #land-cruiser-prado

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.