Land Cruiser Prado, Hadir dengan Setir Yoke dan Tanpa Pedal

Land Cruiser Prado, Hadir dengan Setir Yoke dan Tanpa Pedal

OTODRIVER - Lingkar kemudi konvensional diperkirakan akan jadi bagian mobil yang akan digantikan. Beberapa pabrikan mobil seperti Tesla dan Lexus telah memulainya dengan penggantian unit kendali ini dengan sebuah yoke.

Belakangan Toyota pun dikabarkan memperkenalkan kemudi Yoke untuk Land Cruiser Prado. Mobil yang akan dipamerkan di Japan Mobility Show (JMS) 2023 ini dikabarkan juga akan menanggalkan pedal akselerator dan rem.

Dilansir drive.com.au, wujud Prado tidak akan berubah dengan yang saat ini diedarkan (Land Cruiser 250), namun jika melihat interiornya akan nampak bahwa lingkar kemudi akan berganti serta tanpa pedal gas dan rem.

Pedal rem dan gas diganti di dengan tuas yang dikendalikan oleh tangan

Fungsi pedal gas dan rem sepenuhnya akan dioperasikan dengan tangan, tepatnya dengan menggunakan yoke. Toyota menyebut  sistem tersebut sebagai Neo Steer.

Toyota mengatakan bahwa sistem ini terinspirasi oleh setang sepeda motor yang dirancang untuk memudahkan pengemudi keluar-masuk ke dalam kabin dengan lancer dan dapat mengemudi dengan lebih aman dan intuitif tanpa gangguan anggota tubuh bagian bawah.

Pabrikan Jepang ini sebelumnya telah menyematkan perangkat ini pada sosok mobil listrik Lexus RZ450e dan kembaran BZ4X untuk pasar China.

Walau Tesla dikabarkan merupakan pencetus ide kemudi yoke ini, namun pada kenyataannya antara yoke milik Tesla dan Toyota adalah dua hal yang berbeda.

Yoke Tesla dipasang pada rak kemudi tradisional yang memerlukan beberapa putaran untuk mencapai lock to lock. Sedangkan sistem Toyota dipasang pada sistem steer by wire yang memberi rasio kemudi yang dapat disesuaikan secara otomatis sesuai dengan kecepatan kendaraan.

Walau demikian, Yoke pada Toyota Land Cruiser Prado ini masih sebatas wacana konsep saja. Toyota pun belum mengumumkan rencana mengubah interior versi produksi Pradonya untuk mengadopsi pengaturan kemudi dengan yoke dan tanpa pedal.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com