Land Cruiser 70 Series Resmi Mengaspal di Jepang

Land Cruiser 70 Series Resmi Mengaspal di Jepang

OTODRIVER - Toyota Jepang resmi meluncurkan Toyota Land Cruiser 70 series stationwagon (30/11). Mobil pekerja keras ini ditawarkan dengan satu varian saja yakni AX.

Dikutip dari Toyota.global, varian Negeri Sakura ini hanya ditawarkan dalam satu opsi mesin saja yakni turbo diesel berkode 1GD-FTV berkapasitas 2.8 liter. Mesin ini sudah terlebih dahulu dikenal di Indonesia yang menghuni enginebay Fortuner 2.8.

Mesin ini mampu menyemburkan daya 204 hp dan torsi 500Nm. Untuk pasar Jepang tersedia pada transmisi otomatis 6 percepatan dan disinkronkan dengan tranfercase 2 speed part time.

Berbincang mengenai mesin, kinerja mesin 4 silinder ini mampu menghadirkan kinerja yang cukup baik. Toyota menyebutkan bahwa mesin 1GD-FTV ini menawarkan keunggulan dengan output  tenaga dan torsi besar serta memiliki tingkat kebisingan rendah. Selain itu diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Bandingkan dengan mesin terbesar yang pernah digunakan pada 70 series yakni 1VD-FTV bervolume 4.5 liter V8, di mana mesin ini hanya mampu menyemburkan daya 201 hp dan torsi 430 Nm.

Land Cruiser 70 series bisa dikatakan sebagai dinosaurus yang mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman. Dari desain kabin SUV ladder frame ini tetap mempertahankan desain wagon yang mengkotak. Bahkan untuk desain eksterior dan interior kabinnya seolah tidak tersentuh penyegaran selama lebih dari dua dasawarsa sejak digunakan pada Prado 70 series light duty.

Perubahan signifikan hanya pada bagian moncong depan yang saat ini tampil dengan sepasang lampu utama. Sekilas wajahnya mengingatkan kita pada paras Land Cruiser 50 Series di akhir tahun 60 hingga awal 80-an.

Walau demikian, bukan berarti ia hadir tanpa asupan teknologi masa kini.  
Kabin yang terkesan jadul kini diperbarui dengan sistem hiburan layar sentuh 6,7 inci dengan fungsi Apple CarPlay dan Android Auto. Perubahan juga dilakukan pada instrument cluster karena kini memiliki layar 4,2 inci yang lebih modern. Fitur-fitur berkendaranya juga lebih modern dengan fungsi lane departure warning, speed sign assist, dan automatic high beam.

Selain itu hadir fitur keselamatan seperti Back Monitor dan Toyota Safety Sense. SUV ini dibekali fitur Pre-crash Safety, auto-control lighting, dan drive-start control.

Di Jepang mobil ini dipasarkan mulai harga 4,8 juta Yen atau sekitar Rp 500 jutaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com