Kurangi Kemacetan, 12 Jalan Tol Baru Siap Beroperasi

Kurangi Kemacetan, 12 Jalan Tol Baru Siap Beroperasi

Sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan saat puncak arus mudik yang terlalu tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berbagai skenario rekayasa lalu lintas telah disiapkan seperti contra flow, one way, ganjil genap, pembatasan angkutan barang, manajemen rest area, dan salah satunya penambahan 12 jalan tol.

"Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai menjelang lebaran ini akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan. Setelah nanti lebaran, baru akan dicek lagi untuk dioperasionalkan secara lengkap," ujar Presiden Jokowi dilansir dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, (10/4).

Jalan tol yang akan dibuka secara khusus untuk mengurangi kemacetan. Di antaranya adalah:

· Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3B Krukut - Limo (2,2 Km)

· Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2 Pamulang - Cinere (3,6 Km)

· Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya - Cilincing (7,3 Km)

· Jalan Tol Solo - Yogyakarta Sebagian Seksi 1.1 (6,1 Km)

· Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi Blang Bintang - Baitussalam (13,2 Km)

· Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Cigombong - Cibadak (11,9 Km)

· Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2A Jatikarya - Cikeas (3,5 Km)

· Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur - IC Gending (8,6 Km)

· Jalan Tol Stabat - Tanjung Pura sebagian Seksi 2 (7,2 Km)

· Jalan Tol Kuala Tanjung - Parapat Seksi Kuala Tanjung - Pematang Siantar(96,5 Km)

· Jalan Tol Dolok Merawan Sinaksak (20,40 Km)

· Jalan Tol Jakarta - Cikampek 2 Selatan Paket 3 Kutanegara - Sadang (8,5 Km)

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganjurkan masyarakat untuk mudik lebih awal agar terhindar dari kepadatan di hari puncak arus mudik Lebaran tahun ini, yang diprediksi akan terjadi mulai tanggal 18 sampai dengan 21 April 2023.

“Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silahkan mudik lebih awal mulai hari ini tanggal 13 April sampai dengan 17 April nanti karena jalanan masih tidak terlalu padat,” ujar Menhub, di Jakarta, Kamis (13/4).

Sejumlah operator transportasi dan jalan telah pun telah memberikan tarif diskon atau promo untuk mendorong masyarakat mudik lebih awal. Diantaranya yaitu operator jalan tol seperti Jasa Marga dan Hutama Karya. Hutama Karya memberikan potongan 20% untuk tol Trans Sumatera pada tanggal 16-18 april dan arus balik pada 26-28 April 2023. Sementara, Jasa Marga memberi potongan 20% pada tarif Tol Jakarta Cikampek pada periode 16-18 April dan 27-29 April 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com