Waspada, Puncak Arus Balik Pasca Libur Nataru Masih Lanjut

Waspada, Puncak Arus Balik Pasca Libur Nataru Masih Lanjut

OTODRIVER - Operator alan Tol Cikopo-Palimanan atau Astra Tol Cipali mencatat volume kendaraan yang melintas pada ruas tol tersebut sudah menyentuh 1,08 juta unit kendaraan, selama periode H-7 perayaan Natal hingga 29 Desember 2023. Sebagaimana diutarakan oleh Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali Sri Mulyo pekan lalu (30/12).

Menurut Sri, sebagaimana dilansir Antara, terhitung selama 12 hari ini, arus kendaraan yang melewati ruas Tol Cipali menunjukkan pertumbuhan positif dengan peningkatan sebesar 16,58 persen, ketimbang tahun 2022 pada periode sama yang jumlah totalnya 930.451 kendaraan.
Sementara itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat pergerakan kendaraan dari arah timur ke barat di ruas Tol Cipali sekitar 2.500 kendaraan per jam, atau arus lalu lintas masih kondusif pada arus balik liburan panjang kali ini.

"Perkembangan terkini menunjukkan pergerakan kendaraan dari arah timur ke barat masih berada di angka 2.500 per jam," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan yang ditemui di Cirebon, Jawa Barat (2/1).

Berbekal angka traffic tersebut, pihaknya menilai belum perlu memberlakukan sistem rekayasa lalu lintas di Tol Cipali seperti one way maupun contraflow. Paling tidak sampai hari kedua bulan Januari ini.

Berdasarkan data, lebih dari 1.000.000 kendaraan dari wilayah Jakarta melakukan perjalanan mudik menuju arah Jawa. Oleh sebab itu, pihaknya tetap mengantisipasi adanya lonjakan kedatangan kendaraan dari arah sebaliknya.

Agar bisa merangsang masyarakat untuk kembali ke area Jabodetabek di atas tanggal 2 Januari PT Jasa Marga memberikan keringanan atas biaya perjalanan bagi penggunan jalan to Trans Jawa selama libur Natal 2023 dan Tahun baru 2024.

Dilansir dari laman Instagram akun Instagram di @official.jasamarga, da syarat dan ketentuan berlaku yang harus dipatuhi dalam pemberian diskon sebesar 10 persen kali ini. Pertama, rabat ini berlaku mulai dari Gerbang Tol (GT) pada di titik Cikampek Utama pada ruas Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung pada ruas Batang-Semarang pada ‘arus mudik’.

Kemudian, program yang sama berlaku mulai dari GT Kalikangkung di ruas Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama saat ‘arus balik’.

Perlu dicatat, pemberian diskon 10 persen kali ini secara umum cuma hanya berlaku untuk perjalanan menerus. Detailnya sebagai berikut:

1. Arus mudik Natal: 21 Desember 2023

2. Arus balik Natal: 28 Desember 2023

3. Arus balik tahun baru: 3 Januari 2024.

Pemberian diskon untuk tarif tol Trans Jawa hanya berlaku selama 24 jam saja dan sesuai tanggal-tanggal tersebut di atas.

 

Pemberian diskon untuk melintasi ruas tol Trans Jawa ada syarat lain yaitu:

1. Berlaku bagi perjalanan menerus

2. Melakukan “tap in” dari GT Cikampek Utama, “tap out” di GT Kalikangkung, begitu juga sebaliknya

3. Diskon 10 persen tidak berlaku jika saat transaksi dengan saldo uang elektronik yang Anda miliki ternyata yang tidak mencukupi, atau juga tidak terbaca untuk asal dan golongan kendaraan. Pastikan tarif dan identifikasi golongan kendaraan sudah sesuai saat dilakukan proses “tap in”.

Khusus periode ‘arus balik’, diskon 10 persen ini berlaku pada 28 Desember 2023 dan 3 Januari 2024 selama arus balik dari area Semarang menuju wilayah Jakarta. Hanya berlaku jika untuk GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama.

- Kendaraan Golongan I: dari semula Rp 408.500 ke Rp 367.650, ada selisih Rp 40.850.

- Kendaraan Golongan II dan III: dari semula Rp 630.000 ke Rp 567.000, berkurang Rp 63.000.

- Kendaraan Golongan IV dan V: dari semula Rp 830.500 ke Rp 747.450, selisihnya Rp 83.050. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com