Kualitas Berkendara Mobil Asal Tiongkok, Chery Omoda 5

Kualitas Berkendara Mobil Asal Tiongkok, Chery Omoda 5

Chery Omoda 5 menjadi salah satu SUV B-Segment yang cukup menarik. Dengan desain yang sangat atraktif, kaya fitur, dan harga jual yang sangat bersaing di kelasnya.

Namun dari ketiga hal tersebut, terdapat salah satu detail menarik apalagi ketika merasakan berkendara dengan mobil ini, yakni soal kualitas berkendaranya.

Ya, sebagai mobil yang lahir dari negeri Tiongkok, harga bersaing, dan fitur berlimpah mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi, bagaimana dengan kualitas berkendaranya?

Kami pun berkesempatan untuk mengetes Chery Omoda 5 ini selama 3 hari. Dari sinilah penilaian akan kualitas berkendara Omoda 5 bisa kami peroleh.

Hal yang pertama kami nilai adalah soal bantingan suspensinya. Terasa pesaing Honda HR-V asal Negeri Tiongkok ini punya karakter suspensi yang mantap. Bantingan terasa lembut, cukup akurat ketika diajak menikung, dan peredaman juga terasa baik. Meski untuk seukuran SUV, perlu diakui Omoda 5 bukanlah yang terbaik dari segi pengendalian. Tetapi kami menilai bantingan suspensi Omoda 5 ini setara dengan SUV-SUV kompak asal Jepang yang sudah berkiprah terlebih dahulu.

Lantas, hal yang kedua tentu soal kekedapan kabin. Menurut kami, Omoda 5 menjadi SUV kompak dengan kekedapan kabin terbaik. Road Noise pun terasa samar ketika kita berkendara di dalamnya. Kekedapan kabin ini mungkin disebabkan penggunaan kaca ganda yang menjadi satu-satunya di kelasnya.

Kemudian, bagaimana dengan performanya? Hal ini juga kami angkat dalam pembahasan ini karena pengalaman kami terhadap beberapa mobil asal Tiongkok yang memiliki performa yang tidak terlalu baik. Terasa penyaluran tenaga tidak tersalurkan dengan natural padahal spesifikasi mesin di atas kertas tergolong ‘gagah’.

Nyatanya, hal ini tidak berlaku untuk Omoda 5. Terasa penyaluran tenaga begitu instan. Karakter mesin yang berpadu dengan transmisi otomatik CVT-nya mengalirkan tenaga apa adanya ke roda. Hasilnya, performa mesin mobil ini terasa torquefull dan juga effortless. Sebagai catatan, Omoda 5 ditenagai oleh jantung pacu 1.500 cc 4 silinder turbo dengan daya sebesar 145 dk dan torsi 250 Nm.

Secara keseluruhan, kualitas berkendara Chery Omoda 5 patut diacungi jempol. Karakter suspensi baik serta didukung oleh kesenyapan kabin di atas rata-rata. Belum lagi, penyaluran tenaga mesinnya yang terasa begitu mumpuni.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com