Kecemburuan Sosial Terhadap Pengawalan Kendaraan yang Tidak Semestinya

Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Rabu, 22 Maret 2023 13:00 WIB
Berita - Kecemburuan Sosial Terhadap Pengawalan Kendaraan yang Tidak Semestinya
Bagikan ke:
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, prioritas di jalan raya harus diberikan kepada kendaraan yang berhak, seperti mobil ambulans yang sedang membawa pasien. 

Pada saat berkendara di jalan raya, adakalanya kita bertemu dengan rombongan mobil atau motor yang dikawal kepolisian. Hal ini justru akan membuat kecemburuan sosial bagi pengendara lainya. Tidak jarang, di mana pengawalan tersebut kerap memaksa agar diberikan jalan lebih dahulu.

Padahal, tidak ada seorang pun mempunyai hak untuk diutamakan, kecuali didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam Pasal 65 ayat 1 disebutkan, pemakai jalan wajib mendahulukan sesuai urutan prioritas sebagai berikut:

  • Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas
  • Ambulans yang mengangkut orang sakit
  • Kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas
  • Kendaraan Kepala Negara (Presiden dan Wakil Presiden) atau Pemerintah Asing yang menjadi tamu negara
  • Iring-iringan pengantar jenazah
  • Konvoi, pawai atau kendaraan orang cacat
  • Kendaraan yang penggunaannya untuk keperluan khusus atau mengangkut barang-barang khusus.

Berkaca dari kasus ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, prioritas di jalan raya harus diberikan kepada kendaraan yang berhak, seperti mobil ambulans yang sedang membawa pasien. 

“Kita mulai ajarkan untuk hal-hal yang tertib, sehingga kemudian ini tidak menimbulkan kecemburuan dan akhirnya masyarakat keberatan, karena memang hal-hal seperti ini kemudian dirasakan sangat mengganggu masyarakat,” papar Sigit dikutip dari laman Instagram pribadinya, Rabu (22/3).

Menurutnya sudah banyak contoh yang terjadi seperti rombongan moge dikawal masuk tol, keluhan sopir truk lihat konvoi mobil mewah yang dikawal, hingga viral sepeda dikawal polisi ambil jalur kanan.

"Tolong yang begini-begini rekan-rekan (polisi) lebih selektif dan ikuti aturannya. Saatnya lampu merah berhenti, lampu hijau baru jalan, jadi kita kawal itu untuk ketertiban rombongan, bukan kemudian memberikan dia prioritas-prioritas boleh melanggar,” kata Sigit.

Ia juga menyinggung soal penggunaan sirene yang terlalu melengking dan model suaranya yang bising itu juga mengganggu agar diubah supaya tidak mengusik.

#pengawalan-mobil #konvoi #patwal #kapolri

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.