Good Bye, Audi TT Dieliminasi Setelah 25 Tahun Diproduksi

Good Bye, Audi TT Dieliminasi Setelah 25 Tahun Diproduksi

OTODRIVER - Tahun 2023 ternyata menjadi masa terakhir dari kiprah Audi TT, salah satu model pabrikan asal Ingolstadt, Jerman ini yang paling populer.

Dikutip dari drive.com.au, setelah 25 tahun diproduksi dalam tiga generasi, Audi TT terakhir telah diluncurkan dari pabrik Györ milik Audi di Hongaria.

Tercatat total produksinya adalah 662.762 unit yang dibuat dari Februari 1998 hingga November 2023.

Unit terakhir coupe ini dilabur kelir Chronos Grey TTS Quattro Coupe yang ditenagai oleh mesin 2.0 liter, empat silinder turbo dan dilengkapi dengan penggerak semua roda. Ini merupakan salah satu varian TT tercepat di jajarannya. Ia hanya bisa dikalahkan oleh TT RS yang memiliki mesin turbo lima silinder 2.5 liter 400 PS.

Balik ke era 90-an, sosok mobil ini untuk ditampilkan sebagai sebuah konsep di Frankfurt Motor Show 1995 dan diberi nama sesuai dengan balap motor terkenal di Isle of Man yang disebut Tourist Trophy yang kemudian dipadatkan menjadi singkatan TT.

Kupe TT generasi pertama mulai dijual tiga tahun kemudian, berbagi sebagian besar bagiannya dengan Volkswagen Golf generasi keempat. Pada tahun 1999, Audi menghadirkan TT versi roadster yang muncul di film tahun 2000 Mission Impossible 2.

Versi TTS dan TT RS yang lebih berperforma keluar pada generasi kedua, sementara generasi berikutnya terus berbagi platform dengan VW Golf.

Tiga generasi Audi TT

Sepanjang siklus model TT, Audi menawarkan beberapa pilihan mesin bensin mulai dari yang asli 1,8 liter, 20- turbo katup, hingga turbo lima silinder di TT RS dan 3.2 VR6.TT generasi kedua dan ketiga bahkan ditawarkan dengan varian diesel.

Meningkatnya popularitas crossover dan SUVlah disinyalir menjadi biang kemerosotan eksistensi genre seperti mobil ini. Audi merasa bahwa angka penjualan yang terus menukik menjadikan TT tak lagi rasional untuk dipertahankan.

Menciutnya pasar coupe pun tak hanya dirasakan oleh TT saja. Bahkan Audi pun harus kembali menelan pil pahit, lantaran supercar R8 pun nampak telah menunggu antrian terakhir untuk dipangkas dari pasar.

Good Bye Audi TT (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com