Cek Dulu, Ini Tanda Mobil Bekas Terendam Banjir

Cek Dulu, Ini Tanda Mobil Bekas Terendam Banjir

OTODRIVER - Parkiran basement di apartemen di Cisauk, Kabupaten Tangerang tengah viral karena terendam banjir hal itu terjadi akibat luapan sungai. Akibatnya, air setinggi lebih dari 1 meter, merendam lantai parkir.

Sebuah video dari TikTok @zelcitra pada Kamis, (28/12) menampilkan mobil yang menerobos banjir di parkiran basement. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang setidaknya ada 50 mobil terendam.

Mobil terendam banjir di apartemen Cisauk

Mobil bekas banjir sendiri pastinya mempunyai tanda-tanda, ada beberapa komponen yang bisa dicek langsung dan bisa menjadi acuan bagi kalian yang ingin membeli mobil bekas banjir.

"Bisa dilihat dari bagian seatbelt mobil, bisa tarik panjang bagian tersebut, ketika pernah terendam banjir itu akan ada warna coklat yang menandakan bekas lumpur," kata Inspektor balai lelang mobil bekas JBA Indonesia, Sudiryo saat ditemui Otodriver beberapa waktu lalu.

Caranya dengan tarik panjang bagian seatbelt, dan jika terlihat warna coklat, ini bisa menjadi indikasi bekas lumpur akibat terendam banjir. 

Selanjutnya cek apakah ada tanda-tanda karat pada pedal gas dan rem yang kemungkinan besar pasti terjadi akibat mobil pernah terendam banjir. "Karat dapat mengurangi efisiensi dan keamanan sistem rem, sehingga sangat penting untuk memastikan keadaan komponen ini dalam kondisi baik," papar Sudiryo.

Dapat juga memastikan karet pada baut-baut jok, baut mesin, dan as roda yang dapat menjadi petunjuk bahwa mobil telah terendam banjir. Perhatikan apakah ada tanda-tanda korosi atau kerusakan pada komponen-komponen ini.

Pengecekan patut dilakukan karena sangat penting agar investasi kendaraan tidak berakhir sebagai kekecewaan. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com