Ban Tidak Seperti Makanan, Kalau Kadaluarsa Masih Bisa Dipakai, Asal...

Ban Tidak Seperti Makanan, Kalau Kadaluarsa Masih Bisa Dipakai, Asal...

OTODRIVER -  Sama-sama kita ketahui bahwa ban memiliki waktu kadaluarsa. Biasanya di setiap ban mobil tertulis tanggal expired ban tersebut, dan tentu akan sangat membingungkan bagi yang tidak terlalu mengerti masalah mobil.

Menurut Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi menjelaskan tentang pengaruh tanggal produksi ban pada kualitasnya. Bila pemilik kendaraan jeli dan detail, mungkin mereka akan menolak membeli ban baru dengan tanggal produksi lawas atau telah terlampau satu-dua tahun ke belakang atau lebih.

Banyak yang berasumsi bahwa ban tersebut sudah kadaluarsa atau expired, sehingga tidak layak pakai. Namun ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar.

“Ban tidak seperti makanan kemasan yang punya tanggal kadaluarsa, yang ada adalah tanggal produksi, manufacturing date (MFG) atau week of production, itu sebetulnya fungsinya untuk kami produsen ban, untuk mengkarantina ban ketika terjadi kesalahan pabrik bila ada kerusakan pada minggu tersebut, bukan penunjuk usia ban,” jelas Rozi kepada media nasional.

“Usia ban baru dihitung ketika telah menempel di velg, diisi angin, dan telah menahan beban angkutan. Bila terawat, secara teknis kita bisa memakai ban sampai 10 tahun,” tambahnya.

Dengan ini, bisa disimpulkan tanggal tersebut tidak berpengaruh pada penurunan kualitas sebuah ban. Namun, tentu ada catatan yang perlu diingat bagi pengguna kendaraan yang hendak membeli stok ban dengan tanggal produksi jauh lebih lama dari tanggal pembelian.

Rozi mengatakan, pembelian ban dengan tanggal tersebut harus dilakukan pada bengkel atau penyedia ban dengan gudang penyimpanan yang terjaga dan berstandar baik.

“Kalau gudangnya memadai, akan aman-aman saja, tapi kadang ada pula penyedia yang gudangnya lembab, atau bahkan banyak tikus, bercampur dengan tempat reparasi atau genset, itu akan menurunkan kualitas ban pasti,” ujar Rozi. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com