Membandingkan Spek Mesin Toyota Yaris Cross Indonesia Dengan Model Global

Membandingkan Spek Mesin Toyota Yaris Cross Indonesia Dengan Model Global

Menjelang peluncuran Yaris Cross yang diprediksi pada 15 Mei 2023 besok. Ada beberapa spesifikasi dan fitur yang sepertinya bisa dijadikan acuan untuk model yang akan dijual di Indonesia tersebut.

Mengacu spesifikasinya di website resmi Toyota Jepang, sebuah icon of urban cruiser ini bakal dipersenjatai sasis Daihatsu New Global Architecture alias DNGA. Terkait jantung pacunya, pabrikan menyediakan memberikan beberapa pilihan mesin.

Untuk pasar global, mereka memiliki mesin 1.500 cc Dynamic Force Engine dengan kode M15A-FKS. Mesin ini mampu menghempaskan tenaga maksimal 118,3 HP dan torsi puncak 145 Nm yang disalurkan lewat transmisi Direct Shift CVT. Kemudian yang kedua, ada mesin hybrid 1.500 cc dengan teknologi Toyota Hybrid System generasi II. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal sampai 89,7 HP dan torsi tertinggi menyentuh 120 Nm. Output ini dikawinkan dengan transmisi e-CVT.

Sementara jika dibandingkan model di Indonesia, sepertinya Yaris Cross akan dipersenjatai mesin Toyota yakni 2NR  berkapasitas 1.500 cc, alias mesin yang sama dengan yang digunakan pada Veloz, Vios, Avanza hingga Sienta. Tercatat mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 107 HP pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 140 Nm di putaran mesin 4.200 rpm.

Sedangkan untuk varian Hybrid, spekulasi kami merujuk pada teknologi E-Smart Hybrid  yang sudah digunakan pada Daihatsu Rocky E-Smart Hybrid yang pernah dipamerkan oleh anak perusahaan berlogo D  pada ajang GIIAS 2022 silam. Jika benar demikian, maka motor listrik akan sepenuhnya menjadi penggeraknya (electric driven) dan mesin yang diperkirakan berkapasitas 1.200cc hanya akan menjadi generator pengisian belaka. Sebelumnya sistem ini ditemukan pada Nissan Kicks Hybrid. Sedangkan untuk tipe mesinnya kemungkinan mengunakan WA-VE.

Masih mengacu pada Rocky E-Smart Hybrid,  baterainya memiliki kapasitas 4,3 Ah, dan motor listriknya mampu menghasilkan daya 105 dk dan torsi 170 Nm.

Bicara teknologi dan fiturnya, Toyota Yaris Cross dibekali beberapa piranti canggih. Mengutip Toyota Global, SUV ini dibenamkan dengan Toyota Safety Sense.

Di antaranya adalah Pre-collision Safety System, Low Speed Acceleration Control, The Emergency Steering Assist, Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High-beam System (AHS), dan Road Sign Assist (RSA).

Tak luput juga hadir ISOFIX serta sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpang. Kemudian fitur keamanan Airbags, Blind Spot Monitoring, S-VSC with lateral wind control, sampai Secondary Collision Brake.

Untuk selengkapnya, akan kami beritakan setelah acara peluncurannya di Jakarta pada 15 Mei 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com