Mulai Juli, Fiat Berhenti Jual Mobil Berbahan Bakar Fosil Murni

Mulai Juli, Fiat Berhenti Jual Mobil Berbahan Bakar Fosil Murni

Produsen mobil Italia Fiat, mulai 1 Juli 2022 tidak akan menjual lagi kendaraan berbahan bakar fosil murni di Inggris. Fiat berencana akan fokus pada mobil hybrid dan listrik.

Keputusan Fiat untuk menjual mobil listrik merupakan salah satu upaya bertahap perusahaan yang telah dijalankan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, anak perusahaan Stellantis itu telah menyediakan setidaknya satu unit mobil elektrifikasi pada setiap model yang mereka jual di Inggris.

"Langkah dalam sejarah Fiat ini menandai titik penting dalam komitmen kami untuk menyediakan solusi mobilitas yang terjangkau dan berkelanjutan bagi semua pelanggan kami. Langkah ini cocok untuk kami yang memiliki jenis mobil perkotaan, yang dipelopori Fiat New 500," kata Greg Taylor, Managing Director Fiat dan Abarth UK, dilansir dari Antara.

Baca JugaFiat Chrysler Automobiles Denda Rp 4,3 Triliun Karena Terbukti Manipulasi Uji Emisi

Fiat sendiri juga sudah memulai transisi mobil bensin ke mobil listrik melalui model Fiat 500 Hybrid dan Fiat Panda Hybrid, kemudian dilanjutkan New 500 yang sepenuhnya elektrik, diikuti 500X dan Tipo Hybrid.

Fiat juga mengklaim bahwa New 500 versi listrik menjadi mobil terlaris kedua di Eropa setelah Tesla, dan mereka berencana memperluas pasarnya ke Brasil dan Jepang.

New Fiat 500 menggunakan dua opsi baterai (24kWh atau 42kWH) dan jangkauan berkendara 199 mil (320 kilometer) dalam sekali pengisian daya baterai. Sedangkan New Fiat 500 versi hybrid menggunakan mesin baru 1.000cc (sebelumnya 1.200cc) tiga silinder.

Upaya Fiat juga sejalan dengan peningkatan penjualan mobil ramah lingkungan di Eropa yakni 88,3 persen untuk BEV (battery electric vehicle), Hybrid Electric Vehicle (HEV) 43 persen dan 18,5 persen untuk MHEV (Mild Hybrid Electric Vehicle) berdasarkan data 2022.

Baca JugaDitegaskan, Tidak Ada Mobil Bensin di Uni Eropa di 2035

Perlu diketahui, Dalam pemungutan suara yang dilakukan Anggota Parlemen Eropa, Rabu (8/6), disepakati bahwa mendukung larangan Uni Eropa terkait mobil berbahan bakar fosil mulai tahun 2035. Baik untuk mobil penumpang maupun kendaraan niaga ringan.

Maka mulai 2035 tidak diperbolehkan lagi mobil-mobil baru berbahan bakar fosil beredar di kawasan tersebut.

Produsen mobil lain termasuk Ford dan Volvo secara terbuka mendukung rencana UE untuk menghentikan penjualan mobil bermesin bakar pada tahun 2035.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com