Menjadi Perhatian, Dapat Bertahan Berapa Lama Baterai Kendaraan Listrik?

Menjadi Perhatian, Dapat Bertahan Berapa Lama Baterai Kendaraan Listrik?

Masalah lingkungan dan polusi udara menjadi tujuan terciptanya kendaraan listrik di dunia. Tetapi segmen ini sangat baru dan masih menimbulkan pertanyaan besar untuk masyarakat luas. 

Salah satunya terkait dengan bertahan berapa laman baterai kendaraan listrik tersebut. Tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan listrik. 

Dikutip dari laman Autoblog, menurut Carfax.com produsen mobil menggaransi paket baterai mobil listrik setidaknya selama delapan tahun atau 100 mil. 

Selain itu ada yang perlu dipahami juga yakni baterai akan mengalami degradasi atau kehilangan kapasitas dari waktu ke waktu, misalnya dari 100 persen menurun hingga 80 persen. 

Ketika baterai terus menurun di bawah 20 persen secara teratur dapat menyebabkan degradasi lebih cepat. Tetapi tenang menurut studi yang dilakukan oleh Geotab.com menemukan fakta menarik, yakni penurunan baterai akan bertahan lebih lama dari masa pakai kendaraan. 

Daur ulang baterai listrik juga masih menjadi perbincangan hangat, namun ada kabar baik bawah terdapat perusahaan yang tengah berupaya membuat hal tersebut terwujud, seperti halnya Redwood Material yang sedang berupaya mengurangi biaya produksi dan memasuki lebih banyak bahan daur ulang ke dalam baterai baru. 

Perusahaan ini bekerja sama dengan penduduk California untuk meningkatkan proses pengambilan dan daur ulang baterai lithium-ion bekas tanpa biaya kepada pemiliknya. Bahkan telah dibentuk kelompok ahli untuk merancang metode daur ulang bateri yang lebih efisien. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com