Membandingkan Spesifikasi Mesin KIA Carens Dengan Toyota Innova

Membandingkan Spesifikasi Mesin KIA Carens Dengan Toyota Innova

Sebentar lagi KIA bakal merilis KIA Carens untuk pasar Indonesia. Nama yang sudah tak asing, karena sejatinya Carens pernah dijual awal tahun 2000-an di tanah air.

Lantas untuk model terbaru, banyak sekali ubahan yang dilakukan. Mulai bagian eksterior, Kia Carens mengadopsi filosofi desain terbaru yang disebut Opposites United. Desain fascia Kia Carens mirip dengan kakaknya, All New Sportage. Mobil ini dibekali lampu LED daytime running yang ramping, lampu depan yang dipasang di bumper, dan grille yang berani. Baik fender depan dan belakang hadir dengan lekukan-lekukan yang lebih sporty.

Sementara ke bagian belakang Kia Carens, dibekali lampu LED yang agresif. Desain bumper belakang pun dibuat kekar dan unik dengan tambahan aksen krom dan reflektor. Terdapat pula spoiler dan antena model shark fin yang membuat tampilannya jadi lebih sporty. Menguatkan kesan SUV, di bagian samping disematkan body cladding hitam dan velg dual tone 16 inci.

Untuk mesin, bocoran yang beredar menyebutkan Carens bakal dipersenjatai dua pilihan mesin seperti Seltos. Ada 1.400 cc turbo bertenaga 138 Hp dan torsi 242 Nm. Kemudian diesel berkapasitas 1.493 cc dan diklaim mampu menggelontorkan tenaga maksimal sekitar 115 Hp di 4.000 rpm serta torsi 250 Nm di putaran mesin 1.500 hingga 2.750 rpm.

Jika dibandingkan dengan Innova, maka MPV milik Toyota tersebut memiliki kapasitas mesin yang lebih besar namun tenaganya bisa diadu. Dari dua pilihan mesin yang dijajakan di Indonesia, terdapat mesin 1TR-FE 4 Cylinders in-line, 16 valve DOHC with Dual VVT-I berkapasitas 1.998 cc dengan tenaga 139 Hp, dan memiliki torsi puncak 183 Nm. Kemudian mesin diesel Toyota berkapasitas 2.393 cc memiliki tenaga 149 Hp dengan torsi puncak 359 Nm.

Untuk pilihan mesin bensin, Carens dan Innova cukup bersaing. Namun untuk pilihan mesin diesel, Toyota dengan mesin 2 GD FTV 4 Cylinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler punya tenaga dan torsi yang lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com