Masyarakat Indonesia Semakin Penasaran dengan Kehadiran Mobil Listrik

Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Selasa, 9 Agustus 2022 16:00 WIB
Berita - Masyarakat Indonesia Semakin Penasaran dengan Kehadiran Mobil Listrik
Bagikan ke:
Hal itu ditunjukan oleh data Google Trends di Indonesia penelusuran terkait merek mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300 persen periode 2020-2021.

Semakin hari perkembangan mobil listrik di Indonesia mengalami penigkatan, masyarakat juga semakin tertarik untuk mencari informasi terakit mobil listrik ini.

Hal itu ditunjukan oleh data Google Trends di Indonesia penelusuran terkait merek mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300 persen periode 2020-2021.

Sedangkan penelusuran terkait kendaraan hybrid naik 53 persen di periode sama dan penelusuran untuk kata kunci terkait mobil listrik juga naik 60 persen di YouTube.

"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," kata Industry Analyst Google Indonesia, Karlina Ayuningtyas, selasa (9/8).

Foto - Masyarakat Indonesia Semakin Penasaran dengan Kehadiran Mobil Listrik

Ia juga menambahkan, data Google juga menunjukkan penelusuran terkait otomotif di Google naik 20 persen selama periode yang sama. Ditambah,  penelusuran terkait pameran otomotif seperti GIIAS yang akan gelar pada 11-12 Agustus 2002 juga mengalami peningkatan.

Survei Pelanggan Google pada bulan Juli mengungkapkan bahwa 44 persen responden menantikan peluncuran produk; 19 persen tertarik dengan promo; 18 persen tertarik dengan fitur baru; 17 persen dengan EV dan hibrida; dan 11 persen tertarik dengan uji coba berkendara mobil baru. 

OtoDriver pun mencoba mencari tahu mobil listrik apa yang dicari oleh masyarakat Indonesia dalam Google Trend dengan kata kunci Electric vehicle. Melalu hasil data dalam 90 hari ke belakang, mobil Wuling Air EV muncul sebagai pencarian paling populer, dengan warga Jakarta yang paling penasaran dengan mobil ini, disusul warga Banten.

Foto - Masyarakat Indonesia Semakin Penasaran dengan Kehadiran Mobil Listrik

Perlu diketahui, Google dan YouTube merupakan sumber utama berita dan informasi tentang GIIAS, dengan 61 persen responden survei pada bulan Juli 2022 mengatakan bahwa mereka menggunakan kedua platform tersebut, diikuti oleh media sosial, TV/radio, disusul oleh media cetak dan papan iklan.

#mobil-listrik #trend #indonesia

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.