Masih Berbentuk Konsep, Ada Mobil yang Bisa Sedot CO2 di Belanda

Masih Berbentuk Konsep, Ada Mobil yang Bisa Sedot CO2 di Belanda

Kendaraan listrik tidak mengeluarkan polutan sebanyak mobil konvensional pada umumnya, tetapi tidak ada kendaraan yang benar-benar bebas emisi, terkecuali mempertimbangkan lebih detail terkait konstruksinya semasa pembuatan. 

Namun di Belanda ternyata ada kendaraan yang dibuat bebas emisi atau ZEM (Zero Emission Vehicle). Kendaraan tersebut dibuat oleh tim mahasiswa dari Eindhoven University of Technology. 

"Mobil ini dibuat dengan tujuan untuk meminimalkan emisi CO2 selama fase manufaktur, fase hidup, dan fase akhir masa pakai,” Jens Lahaije, anggota tim Universitas Teknologi Eindhoven, mengatakan kepada EuroNews, dikutip dari laman Carscoops.com.

Menariknya mobil satu ini dibangun menggunakan proporsi tinggi plastik daur ulang yang telah dicetak 3D ke dalam bentuk yang benar, termasuk monocoque dan panel bodi. Artinya hampir tidak ada limbah dalam pembuatan mobil ini. 

Tak hanya itu saja, tersedia juga filter khusus untuk menangkap CO2 saat berkendara di jalan, filter tersebut bernama Piece de Resistance. Dari tim pembuat mengatakan mobil dapat hingga 2 kg (4,4 lbs) gas rumah kaca setiap 20.000 km (12.427 mil).

Tetapi jika dilihat dari angka satu mobil penangkapan CO2 tak terlalu signifikan, tim mengakui dibutuhkan lebih banyak mobil untuk menangkap lebih banyak gas seperti pohon. Saat ini para tim sedang mencari paten untuk filter barunya yang melaluinya udara luar mengalir.

"Ini benar-benar masih merupakan bukti konsep, tetapi kami sudah melihat bahwa kami dapat meningkatkan kapasitas filter di tahun-tahun mendatang,” kata pemimpin tim Louise de Laat dalam komunikasi Universitas Teknologi Eindhoven. 

Mobil ini sendiri dilengkapi dengan baterai isi ulang. Sejauh ini, jarak tempuh yang didapat bisa mencapai 320 km mulai dari baterai terisi penuh hingga sudah tak bisa digunakan lagi. 

Tetapi mobil ini masih berbentuk konsep dan tim pembuat berencana untuk melakukan kolaborasi dengan industri otomotif untuk membawa proyek besar ini hingga selesai dan dapat digunakan. 

"Kami meminta industri untuk mengambil tantangan, dan kami secara alami senang untuk berpikir bersama dengan mereka,” kata Nikki Okkels, manajer hubungan eksternal di universitas. 

“Kami belum selesai mengembangkan diri dan ingin mengambil langkah signifikan di tahun-tahun mendatang. Kami dengan hormat mengundang produsen mobil untuk datang dan melihatnya," tungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com