Masalah Power Window, Tesla Recall Lebih dari 1 Juta Kendaraan

Masalah Power Window, Tesla Recall Lebih dari 1 Juta Kendaraan

Fenomena penarikan atau recall kerap dialami oleh banyak produsen mobil. Termasuk Tesla yang kini harus menarik lebih dari 1 juta kendaraan karena masalah power window atau kaca yang dapat menjepit pengemudi. 

Dikutip dari laman CarBuzz.com, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) telah mengeluarkan penarikan untuk 1,1 juta kendaraan Tesla. Penarikan tersebut berdampak pada kendaraan Tesla Model 3 2017-2022, Model Y 2020-2022, dan Model S dan Model X 2021-2022. 

"Sistem otomatis yang ada pada kendaraan Tesla mungkin tidak bereaksi dengan benar setelah mendeteksi halangan. Dengan demikian kendaraan ini tidak memenuhi persyaratan Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal," tulis pernyataan tersebut. 

Penarikan karena masalah di atas ternyata pernah terjadi pada BMW di tahun 2003, dan masalah ini kembali muncul dengan rentan waktu yang lama, apalagi menimpa Tesla yang terkenal konsen dengan kendaraan listriknya. 

Pada 13 September, Tesla menerapkan pembaruan perangkat lunak ke semua kendaraan pra pengiriman produksi untuk memperbarui persyaratan NHTSA. Dari pernyataan yang dilontarkan, tak ada cidera terkait masalah di atas. 

Hal tersebut diutarakan langsung oleh CEO Elon Musk melalui laman Twitter milikinya, dan dalam waktu dekat akan ada perbaikan terhadap masalah tersebut. 

"Terminologi sudah usang dan tidak akurat. Ini adalah pembaruan perangkat lunak over-the-air kecil. Sepengetahuan kami, tidak ada cedera," tulis Musk. 

Meskipun Musk benar dengan mengatakan bahwa perusahaannya menangani penarikan secara berbeda dari kebanyakan OEM, itu tidak mengubah proses di mana NHTSA memperingatkan konsumen tentang potensi bahaya. 

Kabar terkait penarikan bukan pertama kali dialami Tesla pada tahun ini. Secara total data mencatat ada 14 penarikan yang berdampak lebih dari 3,3 juta kendaraan. Beberapa penarikan termasuk CPU yang terlalu panas hingga masalah penyebaran airbag. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com