Komitmen Kendaraan EV, Honda Bangun Pabrik Mobil Listrik di China

Komitmen Kendaraan EV, Honda Bangun Pabrik Mobil Listrik di China

Berbagai pabrikan otomotif kian serius membangun segmen mobil listrik. Buktinya, Perusahaan patungan Cina GAC Honda mulai pembangunan pabrik mobil listrik baru di Guangzhou, provinsi Guangdong. 

Pabrik tersebut memiliki kapasitas tahunan untuk 120.000 mobil listrik yang dijadwalkan mulai produksi pada tahun 2023, tertuang dari laporan China Automobile News pada 2021 silam, dikutip dari laman electrive.

Menariknya nilai investasi yang ada lebih tinggi dari yang dibayangkan, dimana pabrik yang beridir di atas lahan seluas 400.000 meter persegi ini memiliki investasi sebesar 521 juta US Dollar.

Produsen mobil tersebut tidak merinci model GAC Honda mana yang akan dibangun di pabrik baru ini. Namun, dari rencana yang ada Honda berencana membawa 10 model mobil listrik hingga tahun 2027. Artinya dengan pabrik baru tersebut GAC Honda memiliki kapasitas produksi kendaraan hingga 890.000 pada tahun 2024 dengan total produksi 1,73 juta kendaraan di China. 

Jumlah tersebut sudah termasuk pabrik mobil listrik murni yang diumumkan Honda bersama dengan mitra usaha patungan Dongfeng pada awal tahun ini . Seharusnya juga dimungkinkan untuk membangun hingga 120.000 mobil listrik per tahun di Wuhan mulai tahun 2024.

Honda sendiri terlihat sangat serius untuk menumbuhkan segmen ini. Tak hanya di China untuk di Eropa sendiri Honda juga berkerjasama dengan GM untuk memproduksi EV dan SUV besar. 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com