Ketegangan Rusia-Ukraina, Pabrikan Mobil Putar Otak Cari Sumber Sparepart Alternatif

Ketegangan Rusia-Ukraina, Pabrikan Mobil Putar Otak Cari Sumber Sparepart Alternatif

Krisis Rusia-Ukraina ternyata memberikan dampak negatif pada industri otomotif. Momok paceklik suku cadang semakin menghantui pabrikan terutama di kawasan Eropa.

Ukraina merupakan salah satu negara yang memiliki posisi strategis dalam dunia otomotif khususnya Eropa Timur ataupun Barat. Negara bekas Uni Soviet ini merupakan salah satu produsen suku cadang bagi pabrikan Eropa.

Pasokan suku cadang jadi sedemikian rentan setelah terjadi pengetatan di perbatasan negara yang sedang berkonflik itu. Hal ini kembali diperburuk oleh kelangkaan chip semi konduktor yang belum juga membaik.

Seperti dilansir Antara, para produsen otomotif di kawasan ini mulai mencari sumber alternatif untuk sumber suku cadang alternatif.

Salah satunya adalah kebutuhan kabel yang mulai dialirkan dari produk Cina dan Meksiko

"Konflik berdampak pada seluruh ekonomi global. Seperti bahan mentah, rantai pasokan, juga terasakan di perusahaan kami," jelas Arno Antlitz, kepala keuangan Volkswagen seperti dikutip dari Reuters.

Antlitz mengatakan bahwa pihaknya tengah berusaha mendapatkan pemasok lainnya dari Eropa Timur dan Afrika Utara untuk mendapatkan kabel bodi (Wire harness).

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com