Kecelakaan Beruntun Sering Terjadi di Malam Hari, Ini Pesan dari Pakar

Kecelakaan Beruntun Sering Terjadi di Malam Hari, Ini Pesan dari Pakar

Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Cipularang KM 92, sebanyak 17 kendaraan terlibat dalam peristiwa tersebut, dan kini penyebab pasti masih diselidiki oleh kepolisian. 

Bicara kecelakaan beruntun kerap terjadi saat liburan dikarenakan tingginya volume kendaraan. Tak hanya itu saja, pagi dan malam hari juga menjadi waktu yang selalu terjadi insiden tersebut. 

Melihat kondisi itu, Menurut Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, ada beberapa kemungkinan yang timbul. 

"Pertama itu kontrol emosi saat keberangkatan atau setelah liburan, terlalu senang lelah hingga euforia. Jangan ada target untuk cepat sampai yang membuat pengemudi ingin cepat sampai," katanya, saat dihubungi Otodriver, Senin (27/6/2022). 

Lebih lanjut Sony mengatakan saat mengemudi di jalan tol itu salah satu bahayanya adalah kontur jalan yang bergelombang, apalagi kecelakaan tersebut terjadi di arah Bandung-Jakarta yang memang tolnya menurun. 

"Kalau ditambah dengan kondisi hujan atau malam hari itu bisa membuat visibilitas terbatas. Untuk itu, menjaga kecepatan, jarak dan keseimbangan penting dilakukan," tambahnya. 

Selain itu ia mengatakan kebiasaan tidak menjaga jarak membuat pengemudi tidak memiliki ruang yang aman untuk mengantisipasi. Alhasil, kecelakaan beruntun tidak dapat dihindari. 

"Kebiasaan tidak jaga jarak bisa membuat pengemudi tidak dapat bereaksi. Sehingga, ada kondisi bahaya di depan yang harus dihindarkan pengemudi hanya bisa pasrah," tutupnya. 

Jadi, penting untuk tetap mengontrol emosi dan menjaga jarak aman saat berkendara di jalan tol. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com