Hati-hati! Tilang Elektronik Sudah Tersebar di Seluruh Indonesia.

Hati-hati! Tilang Elektronik Sudah Tersebar di Seluruh Indonesia.

Bagi pengendara mobil yang sering melakukan pelanggaran lalu lintas kali kini harus semakin waspada. Pasalnya, Electronic Law Traffic Enforcement (ETLE) atau yang lebih dikenal dengan nama tilang elektronik sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, dengan adanya peningkatan ETLE diharapkan angka kecelakaan bisa semakin menurun. Sebab, lewat ETLE kepatuhan dan ketaatan berlalu lintas masyarakat bisa naik.

"Bersamaan dengan HUT Lantas ke-67, kita selesaikan program prioritas kita yaitu ETLE nasional yang hari ini diresmikan di delapan Polda. Sehingga totalnya saat ini, sudah selesai di 34 Polda," ujar Sigit, dilansir dari NTMC Polri, Kamis (22/9).

Ia juga tetap meminta kepada seluruh jajaran Korps Lalu Lintas Polri untuk terus mengembangkan serta meningkatkan ETLE tersebut. Sehingga, dalam waktu mendatang, tilang elektronik tak hanya berlaku di tingkat provinsi, tapi juga bisa ke kabupaten atau kota.

"Oleh karena itu, tentunya kita dorong para Kapolda dan Kapolres, untuk terus melaksanakan koordinasi. Sehingga, program ini betul-betul bisa tergelar sampai jajaran paling bawah," papar Sigit.

Adapun launching ETLE tahap ketiga ini dilakukan di delapan Polda yaitu Polda Aceh, Polda Kepri, Polda Kaltara, Polda Sulteng, Polda Sulbar, Polda Sultra, Polda Maluku, Polda Maluku Utara. Di launching ETLE tahap ketiga, terdapat pengembangan dan pembaharuan berupa ETLE mobile device yang terbagi menjadi tiga: Mobile on board, ETLE mobile hand held, dan ETLE mobile apps.

Sebelumnya, ETLE tahap satu sudah dilakukan di 12 Polda. Kemudian ETLE tahap dua dilakukan di 14 Polda. Dengan hadirnya tambahan delapan Polda yang dilaunching hari ini, menandakan kehadiran 270 kamera ETLE Statis, 806 kamera ETLE mobile, dan 58 kamera speed cam di seluruh Indonesia. ETLE sendiri telah mendapatkan sertifikat iso 9001:2015.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com