BYD Recall 50 Ribu Tang DM Hybrid Akibat Baterai Kemasukan Air

BYD Recall 50 Ribu Tang DM Hybrid Akibat Baterai Kemasukan Air

Produsen kendaraan listrik China Build Your Dream (BYD), melakukan recall mobil Hybrid BYD Tang DM yang melibatkan hampir 50 ribu unit akibat masalah terhadap baterai.

Dilansir dari Reuters, BYD harus menarik 52.928 unit Tang DM hybrid yang diproduksi pada 5 April 2021 hingga 18 April 2022 karena masalah cangkang tempat baterai yang berpotensi terpapar air.

BYD sendiri belum memberikan penjelasan atas dilakukanya recall tersebut. Sementara itu, dua pelanggan BYD mengatakan bahwa mereka mempertanyakan mengapa BYD menginstruksikan kepada diler untuk mengganti baterai mobil yang tidak terdampak recall.

Tak hanya ini saja sebelunya BYD juga melakukan recall mobil ini yang diproduksi antara 2 September 2021 hingga 14 Maret 2022 sebanyak 9.663 unit karena  memiliki masalah pada pemasangan katup ventilasi yang tidak rata pada baki power pack baterai.

Permukaan yang tidak rata itu menimbulkan potensi masuknya air ke dasar baterai sehingga menimbulkan bahaya apabila terjadi arus pendek.

Pemasok Baterai ke Tesla

Perlu diketahui, BYD sendiri sedang bersiap untuk segera memasok baterai ke Tesla.

"Kami sekarang berteman baik dengan Elon Musk karena kami sedang bersiap untuk memasok baterai ke Tesla dalam waktu dekat," kata wakil presiden eksekutif BYD Lian Yubo dalam sebuah wawancara dengan Kui Yingchun, penyiar CGTN milik negara China.

Pada tahun 2020, BYD secara resmi meluncurkan baterai Blade-nya, baterai lithium-iron-phosphate (LFP) yang tidak terlalu besar yang diyakini Ketua Wang Chuanfu lebih aman daripada alternatif lain di pasar dan tidak akan terbakar.

Tesla mengungkapkan bahwa hampir setengah dari kendaraan yang diproduksinya pada kuartal pertama dilengkapi dengan baterai LFP, saingan yang lebih murah dari sel berbasis nikel dan kobalt yang mendominasi di Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com