GAC Trumpchi GS8, Pesaing Tangguh Hyundai Palisade

GAC Trumpchi GS8, Pesaing Tangguh Hyundai Palisade

Tak bisa disangkal, Hyundai Palisade, sosok SUV bongsor berhasil mempesona khalayak Indonesia. Penjualannya pun cukup mocer dan segera menjadi andalan di pasar kaum menengah ke atas.

Sejauh ini Palisade bermain sendiri di segmen SUV bongsor berpenggerak roda depan di tanah air. Sampai saat ini bahkan belum nampak siapakah yang bakal jadi rivalnya.

Namun jika berbincang mengenai SUV bongsor, sebenarnya terdapat banyak opsi jika di luar sana. Salah satunya adalah Trumpchi GS8 yang dibuat oleh GAC Group.

Dari dimensi mobil ini punya wheelbase 2.920 mm, panjang 4.980 mm, lebar 1.950 mm dan tinggi 1.780 mm. Bandingkan dengan Palisade yang hadir dengan wheelbase 2.900 mm, panjang 4.995mm (versi facelift), lebar 1.97mm dan tinggi 1.750 mm. Mirip-mirip dimensi antar keduanya.

Akan tetapi jika bebincang mengenai mesin, sama sekali berbeda. Trumpchi GS8 tidak punya opsi mesin diesel, seperti halnya Palisade.

Mobil yang debut pertama kali pada Juli 2021 ini dijejali dengan mesin 4 silinder 2.0 turbo yang dikawinkan dengan transmisi matik 8 percepatan. Mesin ini mampu mengukir daya di angka 248 hp dan torsi 400 Nm.

Sedangkan pilihan kedua adalah versi hybrid yang menggunakan tipe mesin yang sama dengan tambahan sistem hybrid yang diambil dari Toyota Hybrid System (THS) tentunya dari Toyota. Versi ramah lingkungan ini mampu mencetak daya  sebesar 192 PS dengan torsi 320 Nm. Tapi untuk varian penggerak roda depan ditambah motor elektrik bertenaga 182 PS dengan torsi 270 Nm. Sedang varian pengerak empat roda pakai tambahan satu lagi motor elektrik di roda belakang berdaya 54 PS dengan torsi 121 Nm.

Trumpchi GS8 2022 menawarkan banyak sekali hal baru untuk segmen SUV premium. Satu diantaranya keberadaan headunit layar sentuh berukuran 14,6 ini. Monitor ini mencangkup berbagai fitur untuk mengontrol kendaraan serta menggunakan sistem operasi ADIGO4.0.

Dari monitor ini Anda selain bisa memutar beragam format audio video, juga bisa mengatur AC hingga mengaktifkan GPS. Sementara di sisi pengemudi juga ada monitor LCD 12,3 inci yang berfungsi sebagai meter cluster.

GAC menwarkan GS8 sebagai SUV 7 seater. Namun ruang kepala dan ruang kaki baik penumpang baris depan, baris kedua hingga baris ketiga diklaim sama leganya. Semenara itu jika sedang membawa banyak barang, maka jok baris ketiga dan kedua bisa dilipat rata.

Dari harga, cukup mengiurkan, Trumpchi dijajakan mulai dari Rp 415 jutaan hingga Rp 545 jutaan di Tiongkok. Sebagai gambaran harga Palisade di Indonesia mulai dijajakan dengan angka Rp 800 jutaan hingga Rp 1.2 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com