Presiden Jokowi Gunakan Land Cruiser Terabas Banjir Kalsel, Seberapa Tangguh Mesin Diesel Melahap Genangan?

Presiden Jokowi Gunakan Land Cruiser Terabas Banjir Kalsel, Seberapa Tangguh Mesin Diesel Melahap Genangan?

Presiden Joko Widodo meninjau langsung banjir di Kalimantan Selatan. Momen ini menjadi viral lantaran semua mobil rombongan tampak tangguh saat melewati banjir.

Orang nomor satu di Indonesia ini menggunakan Toyota Land Cruiser J200 saat meninjau banjir hebat yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan tersebut. Diketahui, mobil ini memiliki ground clearance yang jangkung serta bermesin diesel. Tidak hanya itu, bebarapa mobil di rombongan juga terlihat menggunakan mesin diesel, seperti Toyota Fortuner.

Mobil ini menggunakan mesin peminum solar berkode 1VD-FTV dengan kapasitas 4.500 cc V8 dengan tenaga mencapai 235 PS serta torsi 430 Nm. Lantas, banyak yang beranggapan mesin diesel lebih tangguh saat menghadapi banjir. Apakah hal ini merupakan mitos atau fakta?

“Betul, mobil diesel lebih aman digunakan untuk menerabas banjir dibandingkan mobil bermesin bensin. Karena mesin diesel tidak menggunakan busi. Mobil yang menggunakan busi apabila terkena air maka mesin akan mati,” papar Sumarmin selaku Technical Leader Auto 2000 Cilandak saat dihubungi oleh tim OtoDriver (18/1).

Akan tetapi, bukannya bebas risiko, mobil peminum solar pun berpotensi mogok saat digunakan untuk melahap genangan.

“Kalau air masuk ke filter udara ya sama saja. Pasti akan mogok juga,” jelasnya.

Namun perlu diingat, jika dalam keadaan tidak terdesak, jangan paksakan mobil Anda untuk menerabas banjir. Apapun jenis mobilnya, water hammer pun tetap menghantui mesin mobil.

 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com