Pengenalan Mobil Listrik Lewat Pariwisata Akan Efektif?

Pengenalan Mobil Listrik Lewat Pariwisata Akan Efektif?

Saat ini mobil listrik memang makin marak di Indonesia. Namun masih sedikit kalangan yang mampu dan mau memilikinya. Salah satu solusi pengenalan kepada masyarakat bisa dengan sistem sewa.

Seperti program Toyota EV Mobility Project yang diluncurkan 31 Maret. Hal ini pun mendapat dukungan pemerintah yang berharap melalui skema ini dapat mempercepat industrialisasi kendaraan listrik di tanah air.

Melalui Kementerian Perindustrian, pemerintah mendukung pelaksanaan studi komprehensif mengenai kendaraan listrik di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya di daerah destinasi wisata.

”Misalnya, yang dilaksanakan di Bali ini merupakan satu langkah strategis menciptakan pasar dalam negeri, membangun ekosistem kendaraan listrik, sekaligus mempromosikan EV Ecotourism,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pernyataan resminya.

Nantinya kata Agus, hal tersebut akan mendukung daya tarik wisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan. Sekaligus membuktikan bahwa sektor manufaktur dan pariwisata berjalan dengan sinergi dalam upaya memacu pemulihan ekonomi nasional.

Agus optimistis, pelaksanaan proyek percontohan tersebut akan ikut berperan mendukung upaya pemerintah dalam mempopulerkan kendaraan listrik kepada masyarakat luas serta mengakselerasi program percepatan pengembangan kendaraan listrik sesuai amanat Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

”Bahkan, membantu pemerintah dalam mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29% dari business as usual dengan upaya sendiri pada tahun 2030,” tegasnya.

Di samping itu, Menperin mendorong pendekatan pilot project serupa dapat diterapkan di lima lokasi destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, Mandalika – Nusa Tenggara Barat, Danau Toba – Sumatera Utara, Likupang – Sulawesi Utara, dan Borobudur – Jawa Tengah.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com