Pabrik Honda Civic Type R, Resmi Ditutup

Pabrik Honda Civic Type R, Resmi Ditutup

Fasilitas Honda di Inggris yakni Honda Swindon dikenal sebagai pabrik yang memproduksi Honda Civic Type R yang tersohor. Namun sayang, setelah beroperasi selama 36 tahun, akhirnya pabrik tersebut telah resmi ditutup pada hari ini (28/07).

Seperti dilansir autoindustriya.com, sebenarnya berita penutupan pabrik ini bukanlah berita baru dan sudah terdengar sejak 2019 silam. Saat itu Honda menggumumkan bahwa pabrik Swindon dan beberapa fasilitas Honda di Turki akan berhenti beroperasi pada 2021.

Pabrikan berlogo H itu mengatakan bahwa keputusan menutup pabrik merupakan bentuk tanggapan dari Honda untuk melakukan akselerasi model listik dan elektrifikasi.

Fasilitas Honda Swindon ini sebelumnya mampu membuat 150 ribu unit mobul per tahun. Selain Civic Type R, pabrik ini juga membuat produk reguler lainnya seperti Civic dan CR-V.

Kiprahnya sebagai pembuat Civic Type R mulai pada 2001, tepatnya pada generasi II Civic Type R (EP3). Bahkan EP3 spesifikasi JDM pun lahir di pabrik ini  dan dikirim ke Jepang setelahnya. Produk Civic Type R selanjutnya adalah FN2, dilanjutkan FK2, hingga FK8 yang saat ini mengisi pasar.

Dengan tutupnya Honda Swindon UK maka pertanyaan yang muncul adala di mana Civic Type R akan dibuat?

Informasi masih cukup gelap, namun disebut-sebut bahwa fasilitas pembiakan Civic Type R ini akan diboyong ke Amerika Serikat . Berita lain mengatakan produksinya akan pindah ke Jepang. 

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com