Mesin V8 Hanya Bertahan Dua Generasi Pada Toyota Land Cruiser

Mesin V8 Hanya Bertahan Dua Generasi Pada Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser generasi terbaru sedikit demi sedikit telah terbuka selubungnya. Sudah pasti model mutakhir ini tetap mewarisi kemampuan off-road yang menjadi ciri yang diturunkan dari leluhurnya.

Namun kehadiran generasi teranyarnya ini sekaligus menandai eksistensi mesin V8 dalam legenda off-road ini. Hal ini bukan menjadi rumor belaka, salah satunya dari caradvice.au menyebutkan bahwa generasi selanjutnya yang konon akan dilabeli sebagai J300 series benar-benar akan menanggalkan mesin V8 bensin ataupun solar.

Ke depannya Sang legenda ini akan melenggang dengan mesin bensin V6 berkode 1GR-FE berkapasitas 4.000 cc yang sebelumnya digunakan pada varian entri level pada J200 Series dan juga model Toyota lainnya seperti Land Cruiser Prado, FJ Cruiser ataupun Fortuner yang dikirim ke Timur Tengah.

Pilihan mesin bensin pun muncul dengan asupan teknologi hybrid yang diperkirakan adalah V35A-FTS dengan konfigurasi V6 bervolume 3.500 cc. Mesin hybrid twin turbo ini  diperkirakan akan menjadi jantung bagi kasta atas 300 Series.

Markondez

Sedangkan untuk mesin diesel, Land Cruiser dikabarkan menggunakan mesin baru yakni F33A-FTV dengan konvigurasi V6 dengan volume 3.300 cc.

Bagi Land Cruiser, mesin V8 memiliki sejarah pendek dalam keluarga SUV ini. Boleh dikatakan bahwa mesin 6 silinder, khususnya dapat dikatakan lebih familiar karena sudah dikenal sejak generasi pertama SUV ini dikenalkan pada 1951.

Sebagai catatan mesin V8 baru muncul pada generasi Land Cruiser J100 Series (1998-2007)  yakni 2UZ-FE bervolume 4.700 cc. Salah satu pengguna yang cukup dikenal di Indonesia adalah Cygnus.

Kiprah 2UZ-FE berlanjut dengan dikenalkannya J200 Series mulai dikenalkan pada 2007. Pada perkembangannya mesin ini dinon-aktifkan dan diganti oleh mesin V8 1UR-FE 4.600 cc yang lebih modern pada 2012.

Di beberapa market 200 Series juga dijejali mesin V8 terbesar yakni 3UR-FE 5.700 cc yang diambil dari Toyota Tundra.

3UR-FE, mesin V8 terbesar Toyota dengan kapasitas 5.700 cc, digunakan sebagai jantung utama Tundra dan Sequoia

Sedangkan pada generasi ini mesin 6 silinder diesel dilengserkan dan diganti dengan mesin diesel V8 berkode 1VD-FTV 4.500 cc turbo commonrail. Mesin ini pun digunakan pula pada varian ‘workhorse’ 70 series varian heavy duty.

Rampungnya kiprah J200 Series pada tahun 2021 ini, maka dipastikan kiprah V8 pada keluarga Land Cruiser Wagon berakhir.

Walau demikian, mesin diesel V8 1VD-FTV sepertinya masih akan digunakan pada varian J70 Series Heavy Duty, namun tidak bagi varian wagonnya.

Bye..bye V8

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com