Land Cruiser 300 Kembali Ke Selera Asal, Pakai Baut Enam

Land Cruiser 300 Kembali Ke Selera Asal, Pakai Baut Enam

Kemunculan Land Cruiser 300 disembut dengan cukup meriah, terlebih bagi pecinta off-road dunia. Tak hanya menghadirkan seabrek hal baru yang berhubungan dengan desain dan teknologi, namun mobil ini pun membawa sesuatu resep lama yang sudah ditinggalkan sejak 1998.  

Resep lawas itu adalah jumlah baut roda yang kembali berjumlah enam, dari sebelumnya berjumlah lima. Dari salah satu situs Bonoss.com yang bergerak di bidang aftermarket mengatakan bahwa PCD (Pitch Circle Diameter) Land Cruiser 300 adalah 6 x 139,7 alias sama dengan Land Cruiser 80 series.

Berbincang mengenai migrasi baut, kita harus mundur ke tahun 1998, tepatnya saat Land Cruiser 100 diperkenalkan. Kehadiran Stationwagon berkode J100 ini membawa perubahan pada jumlah bautnya dengan lima baut dan memiliki PCD 5 x 150.

Kemudian pada 1999 perubahan ukuran PCD ini diikuti oleh 70 Series yang juga diikuti dengan upgrade suspensi depan dengan menggunakan per keong. Land Cruiser 200 diketahui menjadi pemegang tongkat estafet baut lima selanjutnya.

Namun migrasi ukuran PCD ini tidak diikuti oleh klan Land Cruiser Light Duty yang diduduki oleh Prado. Bahkan sepanjang sejarahnya Bundera hingga Prado tetap setia menggunakan PCD 6 x 139,7.

Sedangkan di sisi lain, varian 70 Series terpantau masih menggunakan PCD 5x150. Nah apakah kemudian jika terjadi upgrade pada varian Land Cruiser 70 ini akan berganti PCD seperti LC300?

Mungkin saja, namun sejauh ini belum ada jejak yang menunjukkan ke arah tersebut.

Oke….Selamat datang kembali baut enam 

70 Series tetap pertahankan baut roda berjumlah 5 hingga saat ini

Markondez

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com