Inilah Mobil Dengan Odometer Terbanyak Di Dunia, Tembus 5 Juta KM

Inilah Mobil Dengan Odometer Terbanyak Di Dunia, Tembus 5 Juta KM

Pria asal Amerika Serikat, Irv Gordon memecahkan rekor kendaraan milik perorangan dengan kilometer terbanyak di dunia. Melansir Road and Track, mobil dengan odomoter paling banyak di dunia itu berjenis Volvo P1800 S, menempuh jarak 3,2 juta mil.

Pada awalnya, Gordon tidak berniat menjadi pemegang rekor dunia Guinness dengan jarak tempuh tertinggi untuk kendaraan non-kemersial. Pada tahun 2010, jarak tempuh Volvo-nya menunjukkan telah mencapai 2.8 juta mil.

Meski demikian, Gordon hanya ingin kendaraan yang andal setelah dirinya mengalami nasib buruk dengan Corvair barunya. Gordon menyukai tampilan mobil dan cara mengendarainya, tetapi mobil itu mogok empat blok dari ruang pameran setelah ia membelinya.

Volvo P1800S ini didapatkannya saat berjalan ke Volvoville di Huntington, New York, pada Juni 1966. Gordon menguji coba kendaraannya. Dia lantas menyukainya meski harganya sebesar USD4150. Untuk mendapatkan mobil sport itu, Gordon kemudian meminjam uang ayahnya dan menjual Corvair miliknya.

Gordon puas hanya dengan mengendarai mobilnya, perjalanan hariannya bisa sejauh 125 mil, dan dia menikmati perjalanan darat. Sampai kemudian Volvo P1800S nya membutuhkan perbaikan. Sebelumnya, Gordon tidak pernah melakukan satu pun perbaikan pada mobilnya. Meski untuk pemeliharaan pernah dilakukan, tetapi itu tidak sampai harus melepas pompa air atau semacamnya.

Kemudian Gordon mengirim surat kepada Volvo. Namun, pihak Volvo membalasnya dengan sangat singkat, dan tertulis 'Kami senang Anda puas dengan produknya, jangan lupa pakai sabuk pengaman'. Saat mobilnya telah mencapai jarak tempuh 500 ribu mil, Gordon kembali menulis surat lainnya. Pada jarak tempuh mencapai satu juta mil, Volvo memberinya sebuah coupe 780 baru. Sayang, berakhir dijual olehnya setelah ia kendarai sejauh 450 ribu mil.

Pada tahun 1988, Gordon memecahkan Rekor Dunia Guinness pertamanya, di mana jarak tempuh mobilnya menunjukkan sejauh 1.69 juta mil. Tak lama, odometernya mencapai dua juta mil pada tahun 2002. Selama bertahun-tahun, Gordon hanya memperbaiki mobilnya sebanyak dua kali.

 Pertama kali adalah saat jarak tempuh di 680 ribu mil, dan perbaikan keduanya setelah Gordon mengalami kesulitan untuk menaikkan mobilnya ke tanjakan yang curam di Pegunungan Rocky pada tahun 2009. Tepat pada 18 September 2013, jarak tempuh Volvo miliknya mencapai tiga juta mil. Pada Mei 2018, odometernya berada di 3.2 juta mil atau setara dengan 5 juta kilo meter, yang kemudian memecahkan rekor odometer tertinggi yang pernah ada di dunia berdasarkan Guinness World Record.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com